ALL

Usulkan ‘WA’ dan ‘Google’ Ditutup, Akademisi Ini Singgung Kemandirian

By  | 

Sosial Media | Istimewa

KedaiPena.Com – Akademisi Informatika Marsudi Wahyu Kuncoro mengusulkan agar pemerintah dapat mulai memikirkan rencana untuk menutup layanan bisnis Over-the-Top (OTT) seperti Google dan Whatsapp.

“Kalau saya punya kekuasaan saya akan tutup semua, Google, Whatsapp, agar Indonesia dapat mandiri mengembangkan sendiri,” ujar Marsudi saat berbincang dengan KedaiPena.Com, di kantornya beberapa waktu lalu.

Marsudi yakin Indonesia bisa membuat aplikasi seperti Whatsapp dan Google lantaran anak-anak muda di ibu pertiwi memiliki kreatifitas dan kemampuan untuk mewujudkan hal tersebut.

“Misalnya semua Google, Youtube dan WA ditutup pasti nanti anak-anak muda akan berfikir bagaimana cara membuat aplikasi sejenis,” tutur Marsudi.

Marsudi mengungkapkan Indonesia saat sedianya sudah memiliki sejumlah aplikasi sejenis Whatsapp yang merupakan asli karya anak bangsa.

“Sekarang sebenarnya sudah ada aplikasi penggantinya, seperti ‘Pesan Kita dan Catfiz , tapi karena masih ada WA belum terlalu kelihatan,” kata Marsudi.

Meski demikian, Marsudi mengakui, langkah penutupan layanan bisnis OTT seperti Whatsapp dan Google akan banyak menghadapi penolakan dari masyarakat Indonesia.

“Seperti Cina pertama kali mengembangkan Baidu dan We Chat jangan dikira tidak ribut, awalnya mereka ribut saat ditutup karena masyarkatnya juga menggunakan WA dan lainya. Tapi pada akhirnya bisa karena mereka konsisten dengan keputusannya,” pungkas Marsudi.

Laporan:Riki Sismawan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *