ALL

Upacara Bendera di Tengah Laut di Nias Sita Perhatian Warga

By  | 
Upacara Pengibaran bendera di atas laut di Nias | Foto: Bugis

Upacara Pengibaran bendera di atas laut di Nias | Foto: Bugis

KedaiPena.Com – Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di laut pantai taman Ya’ahowu Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli Kepulauan Nias, Sumatera Utara yang digelar Komunitas Warkop Informasi Publik (KWIP) Kepulauan Nias, Kamis (17/8) menyita perhatian warga dan pengunjung taman ya’ahowu.

Tampak ratusan orang menyaksikan ketika para pengibar bendera yang harus basah untuk mengikat dan mengibarkan bendera merah putih yang tiang nya sudah di pancang di laut.

Faona’ato Zega, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Acara HUT Komunitas WIP Kepulauan Nias, yang juga menjadi Pembina Upacara kepada wartawan mengatakan, pelaksanaan upacara tersebut dimaknai bahwa negara indonesia merupakan negara maritim.

“Upacara ini sejatinya kita laksanakan secara spontanitas, dan kita memilih mengibarkannya di tengah laut untuk memberikan makna bahwa negara Indonesia adalah negara maritim, negara yang lautnya sangat luas,” ujar Faona’ato

Ia menambahkan, ekosistem laut dan pantai yang saat ini mulai terusik dengan berbagai macam ancaman khususnya di Kepulauan Nias, menjadi tanggung jawab bersama untuk menumbuh kesadaran pentingnya menjaga kelestarian laut.

“Sudah terlalu banyak ancaman yang mengganggu kelestarian ekosistem laut dan pantai sekarang, harapan kita agar hal ini menjadi perhatian bersama. Ini juga tanggung jawab kita, dan pastinya bisa menjadi perwujudan atas penghargaan kita kepada para pahlawan bangsa khususnya mereka yang berlatar belakang sebagai pelaut,” pungkasnya.

Laporan: Bugis 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *