ALL

TNBTS Siap Gandeng Masyarakat Lokal Kelola Toilet Basah di Ranu Kumbolo

By  | 
Toilet Basah Ranu Kumbolo Resmi Dibuka 2018 | Foto: Istimewa

Toilet Basah Ranu Kumbolo Resmi Dibuka 2018 | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan mengandeng masyarakat lokal untuk menjaga dan mengelola keberadaan toilet basah di wilayah Ranu Kumbolo, Gunung Semeru. Keberadaan masyarakat lokal akan sangat membantu pihak taman nasional.

“Untuk perawatan tetap, TNBTS akan menggandeng masyarakat sekitar untuk menjaga, mengelola dan merawat dalam pengawasan dan pemantauan,” ujar dia dalam perbincangan dengan KedaiPena.Com, dari Jakarta, Minggu (7/1/2018).

Kemudian, Budi melanjutkan, untuk konsep perawatan toilet basah tersebut, rencananya Balai Besar TNBTS bersama masyarakat akan menyesuaikan dengan standar keberadaan toilet lainnya di berbagai tempat wisata, termasuk soal biaya perawatan toliet tersebut.

“Tapi kita jangan bicara itu dulu, tapi azaz manfaat dan kegunaan. Semoga maksimal dalam mendukung pendakian Semeru baik kebersihan maupun konservasi lainnya,” imbuh dia.

Tidak hanya itu, lanjut Budi, semoga dengan keberadaan tambahan fasilitas di beberapa titik pendakian gunung Semeru dapat memberikan warna dan manfaat yang lebih besar dalam mendukung pengelolaan pendakian.

“Sehingga Gunung Semeru lebih baik lagi. Harapan besarnya semoga dapat di manfaatkan dengan baik, dirawat, dimanfaatkan dan dijaga bersama,” pungkas Budi.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *