ALL

Strategi BPJS TK Tangsel Tingkatkan Kepesertaan

By  | 

Kunker Tim Dewas BPJS TK ke Kacab BPJS TK Tangsel | Foto: Dok KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Selatan berupaya meningkatkan kepesertaan baik dari pekerja umum (PU) ataupun bukan penerima upah (BPU).

Kunto, Kabid Kepesertaan BPJS Tangsel mengatakan ada beberapa penetrasi yang dilakukan untuk mendorong tersebut.

“Untuk BPU kita bekerjasama dengan komunitas-komunitas. Kita juga masuk ke ojek online dan lainnya. Hari ini kita juga masuk ke gathering komunitas ACL,” ujar dia saat menerima tim Dewas BPJS TK di Kantor mereka, Cilenggang, Tangsel, ditulis Sabtu (16/3/2019).

Kunto menambahkan, pihaknya juga mendorong pemda agar masuk ke komunitas, UMKM. Bahkan BPJS TK Tangsel juga memiliki MoU dengan pemerintah terkait sistem jaminan sosial, khususnya perlindungan tenaga kerja.

“Selain itu, kita juga ‘bundling’ dengan perusahaan dengan tiga tiga entitas komprehensif yakni ventura, fintech dan agregrator,” sambungnya.

Sementara untuk mendorong PU, Kacab BPJS TK Tangsel masuk ke 10.000 UMKM di wilayahnya yang mencakup 7 kecamatan dan membawahi dua KCP, Bintaro dan Ciputat.

“Kerjasama dengan Pemda. Terakhir kita kerjasama dengan Disdik Tangsel untuk mengcover guru honorer SD dan SMP,” lanjutnya.

Untuk menjaring kepesertaan, Kunto menegaskan, kalau manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan tersosialisasi dengan baik, maka tidak mungkin para pekerja tidak mau gabung kepesertaan.

“Dan ternyata brand awarneas kita rendah. Harus dibangun lagi. Ini (BPJS TK) kan terbukti melindungi sosial ekonomi. Pas ada kecelakaan kerja terlindungi. Gaji terganti lho sama program kita. Usaha berjalan tanpa terhambat. Dan hal ini harus tersosialisasikan,” imbuh ya.

Laporan: Muhammad Lutfi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *