ALL

Soal Penurunan Tingkat Kemiskinan, RR: Standar Masyarakat Miskin Dunia Dua Dolar

By  | 
Ilustrasi Kemiskinan | Foto: Istimewa

Ilustrasi Kemiskinan | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Mantan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli memberikan respon terkait dengan catatan yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) terkait dengan penurunan masyarakat miskin di Indonesia.

RR begitu ia disapa mengungkapkan bahwa rilis yang dikeluarkan oleh BPS tidaklah salah lantaran memang definisi kemiskinan yang kita pakai saat kurang dari satu dolar.

“BPS benar kemiskinan berkurang tetapi definisi kemiskinan yang kita terapkan kurang dari satu dolar perhari,” ujar RR dalam diskusi di Jakarta Selatan, ditulis Kamis (19/7/2018).

“Coba kita fikir saudara punya Rp13.400 buat biaya transportasi, buat listrik dan macam-macam. Paling banter bisa makan mie dan rumah masih nebeng sama mertua atau sama siapa. Rp13.400 atau satu dolar itu rendah sekali,” sambung RR.

Rizal menjelaskan, bahwa standar kemiskinan yang diterapkan oleh internasional sedianya adalah dua dolar. Definisi tersebut yang diterapkan oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB).

“Dua dolar tidak ada apa apanya sekitar Rp28.000 bisa apa kita. Jadi jangan bangga bahwa Rp13.400 sehari itu sudah lumayan,” jelas Calon Presiden RI ini.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *