ALL

Silang Pendapat Arti No Urut 1 Jokowi-Ma’ruf Amin

By  | 
Jokowi-Ma'ruf Amin | Foto: Istimewa

Jokowi-Ma’ruf Amin | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com - Pasangan capres Joko Widodo (Jokowi) dan cawapres Ma’ruf Amin mendapatkan nomor urut 1 pada kontestasi Pilpres 2019. Hal tersebut disambut positif oleh partai pengusung.

Politikus PDIP Henry Yosodiningrat mengaku optimisi angka 1 tersebut akan membuat pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin menang. Henry Yoso begitu ia disapa mengatakan indikasi kemenangan tersebut dapat dilihat di sosial media.

“Dengan mendapat nomor urut 1 pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, saya tambah Optimis akan menang. Indikasi yang saya dilihat yaitu trending topik Twitter yang memasang tagar #IndonesiaMaju lebih dari 200.000 akun yang merata hampir di seluruh Indonesia,” ujar Henry Yoso saat dihubungi KedaiPena.Com, Minggu (23/9/2018).

Henry pun sempat menyinggung pasangan kubu sebelah yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang dimana pasca mendapatkan nomor dukungan sama sekali tidak mencuitkan tagar dukungan di sosial media.

“Sedangkan dari kubu Prabowo sama sekali tidak mencuitkan tagar dukungan di medsos. Hal itu menurut saya merupakan indikasi semakin menguatnya dukungan kepada Jokowi  baik di media sosial maupun di darat,” beber Anggota Komisi II DPR RI tersebut.

Senada dengan Henry Yoso, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menilai nomor urut satu berarti Jokowi akan memimpin Indonesia untuk satu periode lagi.

Begitu pula yang disampaikan Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy), yang menilai nomor urut satu seolah memberi kesempatan kepada Jokowi untuk satu periode lagi.

Selain Grace dan Rommy, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto berharap nomor urut 1 untuk Jokowi-Ma’ruf bermakna Jokowi kembali terpilih menjadi presiden pada Pilpres 2019. Penulisan nomor 1 yang telah disepakati sudah sesuai harapan.

“Pak Jokowi dapat nomor 1. Tadi disepakati dalam penulisannya itu 1. Jadi 1 itu sudah sesuai dengan apa yang diharapkannya. Harapannya 1 itu untuk menjadi RI-1,” ujar Airlangga.

Berbeda dengan partai koalisi, Gerindra yang mengusung Prabowo dan Sandiaga Uno mengatakan bahwa nomor 1 merupakan tanda bahwa langkah Jokowi akan terhenti di satu periode saja.

“Nomor 2 menang. Kalau 1 ya 1 periode saja, ya,” kata Ketua DPD Gerindra DKI, M. Taufik kepada wartawan.

Bukan hanya Taufik, ramai-ramai para pendukung Prabowo-Sandiaga lainnya juga berpendapat serupa. Presiden PKS Sohibul Iman, hingga Ketua Timses Prabowo-Sandi Djoko Santoso juga mengatakan nomor urut 1 memberikan harapan Jokowi hanya satu periode.

“Satu periodelah,” ujar Ketua Timses Prabowo-Sandi, Djoko Santoso

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *