ALL

Siapa yang Menguasai Energi, Maka Menguasai Dunia

By  | 

KedaiPena.Com – Tujuan para penjajah ketika menginjakkan kaki pertama kali di Indonesia adalah untuk menguasai energi dan kekayaan minyak.

Demikian dikatakan oleh Ketua KPK periode 2007-2011, Haryono Umar saat ditemui oleh KedaiPena.com di dalam diskusi ‘Ngopi Senja’, Minggu (29/5).

Ia menceritakan, sewaktu Jepang pertama kali datang ke Indonesia, 50 persen orangnya ialah ahli energi. Begitupun Portugis, Inggris dan negara Eropa lain, mempunyai tujuan yang sama, untuk menguasai energi.

“Saat ini siapa yang bisa menguasai energi, maka akan menguasai dunia. Dan penjajahan itu mulai kembali terjadi di Indonesia, karena banyaknya tindakan korupsi energi saat ini,” ucap alumnus Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN) tersebut.

Lebih lanjut, ia menjelaskan seharusnya Pemerintah bisa mengoptimalkan kekayaan minyak (energi) yang berdampak pada masyarakat Indonesia.

“Norwegia baru 20 tahun mengoptimalkan minyak di negaranya bisa memberikan dampak postif seperti membuat fasilitas kesehatan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat tanpa pandang bulu,” jelas dia.

“Seharusnya Pemerintah bisa melakukan hal seperti itu,” harap Haryono.

(Apit/Prw)