ALL

Selamat Jalan Rudy David Badil

By  | 

Rudy David Badil | Istimewa

KedaiPena.Com – Mapala Universitas Indonesia (UI) kembali kehilangan anggotanya yang cemerlang. Ialah Rudy David Badil anggota Mapala UI dengan nomor (M-033-UI) yang meninggal dunia pada, Kamis, (11/7/2019).

Pendiri Warkop DKI ini meninggal setelah mengalami koma selama 3 hari akibat stroke sejak, Senin, (8/7/2019). Rudy Badil sendiri merupakan anggota paling muda Mapala Prajnaparamita dengan nomor anggota 033.

Mapala UI Berduka | Istimewa

Mapala Prajna sendiri berdiri tahun 1964 yang anggotanya mahasiswa Fakultas Sastra, dimotori oleh Soe Hok Gie dan Herman Lantang. Mapala Prajna sendiri kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Mapala UI (1971)

Rudy Badil merupakan sosok yang penuh talenta khususnya dalam hal penulisan yang berhubungan dengan sejarah, kebudayaan, antropologi, dan humaniora.

Badil sendiri menjadi wartawan Kompas, dimana karya tulisnya dan juga fotografi yang memberi warna tersendiri bagi harian nasional itu.

Perhatian Badil pada berbagai sisi humaniora membawanya pergi ke berbagai pelosok nusantara dan dunia, serta bersahabat dengan banyak orang dari berbagai kalangan.

Hal tersebut yang dituangkan dalam artikel dengan sudut pandang menjadi ciri khas Badil. Semua hal itu membuat Badil menjadi ‘kaya’ dan langka, karena tidak banyak orang yang mampu melakukan hal seperti itu.

Badil sendiri dikenal dekat dengan Soe Hok Gie yang menulis buku Catatan Seorang Demonstran. Dalam buku, namanya beberapa kali disebut oleh Hok Gie. Keduanya juga sering mendaki gunung bersama teman-teman lain

Laporan: Muhammad Lutfi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *