ALL

Selama Libur Lebaran Jalur Pendakian di Empat Gunung ini Ditutup

By  | 

Gunung Prau | Istimewa

KedaiPena.Com – Sejumlah jalur pendakian gunung ditutup pada saat momen libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Dari informasi yang dihimpun redaksi,  Selasa (4/6/2019), ada empat gunung yang menutup jalur pendakian saat momen libur lebaran.

Empat gunung tersebut antara lain,  Gede Pangrango, Merbabu, Merapi, Prau. Penutupan jalur pendakian empat gunung favorit para pendaki ini pun beragam.

Untuk gunung Gede Pangrango misalnya, ditutup selama satu minggu penuh dari awal Juni hinggga sesudah lebaran. Penutupan gunung favorit dari aktivis Sok Hok Gie ini dilakukan mulai dari tanggal 3 hingga 9 Juni 2019.

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) melalui surat edaran dengan nomor SE.435/BBTNGGP/BIDTEK/Tek.P2/42019, memberitahukan tentang penutupan kegiatan pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Selain Gede Pangrango, gunung Merbabu juga menutup jalur pendakian saat momentum libur lebaran. Jalur pendakian gunung setinggi 3.145 mdpl ini ditutup selama satu bulan, mulai 20 Mei hingga 20 Juni 2019.

Alasan penutupan sendiri lantaran pihak Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) sedang melakukan pemulihan ekosistem serta perbaikan dan pemeliharaan di beberapa jalur pendakian yang mengalami kerusakan.

Informasi tersebut disampaikan oleh BTNGM dalam pengumuman tertulis nomor PG.01/T.35/TU/EVLAP/2019 tentang penutupan sementara jalur Pendakian Gunung Merbabu.

Selanjutnya, ada  gunung Merapi yang juga ditutup saat libur lebaran. Penutupan tersebut, berdasarkan surat edaran surat nomor PG 12/BTNGM/Ren/05/2019, kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

Gunung Merapi akan ditutup selama satu hari yaitu tanggal 5 Juni 2019 dan kembali dibuka seperti biasa pada hari berikutnya. Beberapa objek wisata yang ditutup yakni Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo, Kaliurang Pakem, Panguk dan Plunyon.

Kemudian ada pula objek wisata Kalikuning Cangkringan, Deles, Kemalang Klaten dan Jurang Jero, Srumbung Magelang yang turut ditutup saat momentum lebaran.

Terakhir ialah Gunung Prau yang juga akan menutup beberapa jalur pendakiannya yakni jalur pendakian melalui Wates yang ditutup pada tanggal 4 hingga 6 Juni.

Kemudian jalur Patak Banteng ditutup tanggal 2 hingga 5 Juni, dan terakhir jalur Kalilembu ditutup pada tanggal 2 Juni sampai H+2 lebaran.

Berdasarkan surat edaran dari pengelola jalur pendakian Gunung Prau via Patakbanteng, penutupan dilakukan dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri. Sementara untuk jalur lain yaitu Dieng, Dwarawati, Ngelak tetap dibuka bagi para pendaki.

Laporan:  Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *