ALL

RR Usul Bangun Museum Rendra

By  | 

WS Rendra | Foto: Dok KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – Seniman WS Rendra adalah raksasa puisi Indonesia. Setiap puisinya membuat kita merefleksi apa yang penting dalam kehidupan.

Demikian disampaikan Tokoh Nasional Rizal Ramli dalam acara ‘Rindu Rendra: Megatruh, Satu Dekade Mengenang WS Rendra’ digelar di Gedung Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta, belum lama ini.

Untuk menghormati Rendra yang puisi-puisinya relevan dengan keadaan saat ini, Rizal mengusulkan untuk membuat Museum Rendra.

“Saya bicara dengan Deputi Gubernur (Bidang Budaya dan Pariwisata, Dadang Solihin yang hadir menggantikan Gubernur Anies Baswedan pada acara itu). Insya allah cita-cita kita semua agar ada Museum Rendra segera terealisasi,” kata Menko Ekuin era Presiden Gus Dur itu.

Keberadaan Museum Rendra, imbuh dia, patut diperhatikan, agar anak-anak muda Indonesia melihat Jakarta bukan hanya ke mall.

“Di seluruh dunia, banyak museum, gedung kesenian. Isinya bukan mall doang. Apalagi anak muda kebanyakan ke mall cuma buat wi-fi gratis. Karena gak bisa bayar buat lainnya. Jadi, bagus kota seperti Jakarta punya Museum Rendra dan tokoh-tokoh besar lainnya,” sambungnya.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata, Dadang Solihin memastikan ide Rizal Ramli diteruskan ke bosnya.

“Tadi ada ide Pak Rizal Ramli untuk membangun museum. Saya sudah sampaikan ke Pak Anies lewat WA (Whatsapp). Mungkin nanti Pak Rizal Ramli akan ketemu Pak Anies untuk membahas itu.

Ia sendiri menilai sosok Rendra sebagai tokoh dunia. Harus ada penghargaan ke Rendra.

“Saya kira ide Pak Rizal Ramli itu baik sekali. Mudah-mudahan (Museum Rendra) terealisasi setelah Pak Rizal Ramli dan Paj Anies ketemu. Saya belum tahu (kapan pertemuannya), tapi mudah-mudahan secepatnya,” tandas Dadang.

Laporan: Muhammad Lutfi