ALL

RR: Syarat PT 20 Persen Buat Presiden Indonesia Tersandera Oligarki

By  | 

RR Bersama SBY | Istimewa

KedaiPena.Com – Tokoh Nasional Rizal Ramli menilai bahwa syarat ambang batas atau presidential threshold (PT) 20 persen suara bagi partai politik atau gabungan partai politik dalam mencalonkan presiden menjadi pintu masuk kaum oligarki untuk mendominasi politik Indonesia.

RR mengatakan dampak dari tingginya PT 20 persen adalah ketika pemerintahan baru terbentuk, kelompok oligarki ini juga yang mendorong terjadinya politik dagang sapi.

“Pembatasan threshold 20 persen membuat capres Indonesia tersandera oleh oligarki politik dan ekonomi. Dukungan partai mesti dibayar dengan ‘dagang sapi’ menteri dan transaksi uang,” ujar RR dalam perbincangan di sebuah stasiun TV swasta, Selasa (9/7/2019).

Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman ini menegaskan bahwa PT harus diturunkan ke angka yang memungkinkan figur-figur terbaik ikut dalam kompetisi politik.

Hal ini, tegas RR, juga harus dilakukan agar Indonesia mendapatkan pemerintah dari proses politik yang sehat, yang bekerja untuk kepentingan rakyat.

“Banyak calon tidak masalah. Toh pada putaran dua tinggal dua calon. Lalu koalisi terbentuk secara natural, bukan karena uang dan dagang sapi,” tandas RR.

Laporan: Andre Pradana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *