ALL

Respon Dinas Pendidikan Tangsel soal Alat Penangkal Petir Sebesar Rp68 Juta

By  | 

Alat Penangkal petir di TK Negeri Pembina 3 | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) angkat bicara soal pengadaan paket alat penangkal petir pada TK Negeri Pembina 3 di Kota Tangsel yang menghabiskan anggaran sebesar Rp68 juta.

Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasaran Paud dan TK membenarkan soal pengadaan alat penangkal petir di TK Negeri Pembina 3 yang terletak di Rawabuntu tersebut. Meskipun, Rudi enggan menjawab detail terkait besaran anggaran untuk pengadaan alat penangkal petir tersebut.

“Iya, benar ada pengadaan penangkal petir dan itu sudah dicairkan, jenisnya saya enggak hafal,” jelas Rudi saat dikonfirmasi, Selasa (12/11/2019).

Menurut data APBD tahun 2019, yang dihimpun oleh KedaiPena.Com harga satu paket alat penangkal petir pada TK sebesar Rp68.023.000.

Pantauan KedaiPena.Com di lapangan, terdapat enam buah penangkal petir di sekolah tersebut. Jika benar hanya enam buah, artinya harga satuannya, mendekati angka Rp11 jutaan.

Dokumen Pengadaan Alat Penangkal Petir | Foto: Istimewa

Untuk mengecek harga pasaran, KedaiPena.Com melakukan kroscek ke pedagang alat serupa di BSD bernama Melia.

Melia mengatakan penangkal petir terdapat dua jenis yaitu konvensional dan elektrostatis.

Jenis konvensional yang biasa diperuntukan pada bangunan rumah dengan harga sekitar Rp3,5 juta sampai dengan Rp8,5 juta.

“Sedangkan penangkal petir jenis elektrostatis itu diperuntukan pada bangunan gedung bertingkat dan gedung industri harganya paling tinggi Rp30 juta,” jelas Melia.

Saat dikonfirmasi terpisah, salah seorang guru TK Negeri Pembina 3 Kota Tangsel, Endah mengatakan, Kepala Sekolah (Kepsek) membenarkan bahwa sudah ada penangkal petir di sekolah mereka. Namun dia tidak bisa menjelaskan secara detail.

“Meski bisa saja sih mas diwakilkan (memberikan keterangan). Tapi kan takutnya kami salah memberikan keterangan, kami cuma pengajar,” ujar Endah.

Laporan: Sulistyawan