ALL

Ramadan, Momen Merefleksi Nilai Persaudaraan yang Hampir Punah Karena Pemilu

By  | 

Sholat Ied di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/6/2019) | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta Kepala Staf Angkatan dan pejabat teras Mabes TNI dan Angkatan melaksanakan Sholat Idul Fitri 1440 H atau 2019 M bersama ribuan prajurit TNI serta warga masyarakat sekitar di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/6/2019).

Sholat Idul Fitri di Mabes TNI mengangkat tema “Dengan Hikmah Idul Fitri 1440 H/2019 M, Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Prajurit dan PNS Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Bertindak selaku Khotib DR. H. Andian Parlindungan, MA dan Imam DR. H. Idris Ismail.

Dalam khotbahnya, DR. H. Andian Parlindungan mengatakan hendaknya manusia menyadari bahwa dalam lumuran dosa-dosanya harus segera bertobat dan memohon ampunan serta rahmat dari Allah SWT agar dapat menjadi orang-orang yang kembali kepada fitrah kemanusiaannya.

“Ramadan telah mengembalikan kita kepada fitrah kemanusiaannya. Allah SWT telah menjadikan diri kita bersih dari dosa dan kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang kembali kepada fitrah,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa fitrah merupakan suara kebenaran yang ada dalam hati manusia dalam membimbing kejalan yang di ridhoi Allah SWT.

Menurutnya, manusia-manusia yang tidak kembali kepada fitrahnya adalah manusia yang tidak mengenal dirinya dan Tuhannya.

“Begitu banyak manusia yang mengalami kesesatan dalam hidupnya, karena melupakan dirinya dan melupakan Tuhannya,” ucapnya.

DR. H. Andian Parlindungan juga mengatakan bahwa Ramadan hendaknya bisa menjadikan kita orang-orang yang istiqomah dalam menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya.

“Ramadan juga bisa menjadi awal titik balik bagi kita kejalan yang diridhoi Allah SWT. Ramadan pun hendaknya menjadi momen untuk merefleksi akan nilai persaudaraan kita yang hampir saja punah karena Pemilu,” ungkapnya.

“Marilah kita menjadikan salah satu nikmat hidup bagi kita adalah persaudaraan dalam iman dan Islam. Sejatinya kita ada di garda terdepan memperjuangkan nilai-nilai persaudaraan, baik persaudaraan se-Iman dan Islam ataupun persaudaraan sebangsa se tanah air yang dibalut dalam bingkai NKRI,” jelasnya.

Di sisi lain, DR. H. Andian Parlindungan mengatakan bahwa orang-orang yang bertaqwa adalah orang yang menginfakkan hartanya ketika lapang dan sempit, yang mampu menahan amarah. Yang memaafkan kesalahan orang lain, senantiasa berbuat kebaikan dan orang yang apabila berbuat salah segera mengingat Allah SWT dan memohon ampunannya.

“Dengan begitu ketaqwaan merupakan pencapaian seorang yang beriman dalam perjuangan dan pengabdiannya kepada Allah SWT. Ketaqwaan ternyata juga melahirkan kesalehan individual dan kesalehan sosial dan sesungguhnya merekalah orang orang yang berbahagia,” pungkasnya.

Usai melaksanakan Sholat Idul Fitri 1440, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta Nanny Hadi Tjahjanto melaksanakan halal bihalal dengan Prajurit dan PNS TNI di Wisma Ahmad Yani, Jalan Taman Suropati No. 10, Menteng, Jakarta Pusat.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *