ALL

Perbanas Berkomitmen Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah

By  | 

Seminar Ekonomi Syariah di Kampus Perbanas | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Pemerintah memiliki peran penting untuk memaksimalkan pengembangan ekonomi syariah, khususnya industri keuangan syariah.

Demikian disampaikan Rektor Perbanas Institute Hermanto Siregar pada kegiatan seminar nasional ekonomi Islam di kampus Perbanas Institute, Kuningan, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Kata Hermanto, jika mengacu temuan Bank Indonesia (BI) beberapa waktu lalu bahwa perkembangan industri keuangan syariah sangat bergantung kepada peran pemerintah.

“Jadi ada temuan dari BI mengenai perkembangan industri keuangan syariah ke depan, salah satu sangat tinggi faktor bobotnya bukanlah insentif fiskal, tapi kehadiran pemerintah,” ujar Hermanto

Dengan demikian, tegas Hermanto, dapat dimaknai bahwa fungsinya Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) sangat vital.

Lembaga yang berada langsung di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini harus mempunyai program nyata yang bisa diterapkan oleh perbankan dan industri ekonomi syariah.

“Tahun 2019 ini momen yang tepat untuk melakukan sesuatu yang ‘real’ dan itu melibatkan semua pihak baik lembaga pengawas, ‘stakeholder’ dan pelaku sendiri,” tegas Hermanto.

Terkait dengan peran Perbanas sendiri, Hermanto memastikan bahwa kampus yang beralamat di Kuningan, Jakarta Selatan ini akan berfokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Kita juga berkomitmen untuk melakukan sosialisasi, karena yang mengerti literasi ekonomi syariah sangat kecil sekali. Jadi semua pihak harus aktif termasuk perguruan tinggi,” beber Hermanto.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *