ALL

Pentingnya Pokdarwis

By  | 

 

Pelatihan Pokdarwis Toba Selatan | Foto: Dok KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – Kasubbid Sadar Wisata Kementerian Pariwisata, Arum Damarintyas mengungkapkan bahwa saat ini pariwisata sudah menjadi jenis usaha yang primadona. Dari banyak sektor pariwisata, desa wisata menjadi salah satu yang paling favorit.

“Banyak sekali faktornya karena beberapa tahun terakhir desa wisata sangat luar biasa dan ini tentu terjadi karena adanya kelompok sadar wisata (pokdarwis),” ujar Arum di Kabupaten Toba Samosir, Sumut ditulis Sabtu (2/11/2018).

Arum menjelaskan, sudah banyak kelompok sadar wisata yang telah berhasil membuat desa wisata di daerahnya menjadi unggulan.

“Seperti di Dieng, pokdarwisnya jalan kemudian di Malang juga banyak sekali desa wisata berkembang karena kelompok sadar wisata. Tiap minggu destinasi wisata mereka dipenuhi oleh wisatawan dan tidak pernah sepi,” beber Arum.

Dengan kondisi demikian, Arum meyakini, bahwa pokdarwis memiliki peran penting dalam pengembangan desa wisata di sebuah daerah. Maju dan mundurnya sebuah desa wisata tidak bisa dilepaskan dari peran pokdarwis.

“Setiap pokdarwis harus maju, kreatif dan inovatif, tanpa itu tidak akan maju. Hal itu pula yang akan mengundang wisatawan,” beber Arum.

Selain hal-hal tersebut, lanjut Arum, diharapkan pokdarwis juga dapat melanjutkan dengan fasilitas pelayanan yang bagus dan prima.  Itupula yang akan membuat wisatawan kembali desa wisata yang di bina oleh pokdarwis.

“Diharapkan akan dengan pelayanan bagus dan prima tentunya akan menjadikan kenangan terbaik dan membuat wisatawan kembali datang ke desa wisata tersebut,” papar Arum.

Arum juga meminta agar setiap pokdarwis tidak takut untuk memulai membangun destinasi wisata di desanya. Terlebih lagi bilamana ketakutan itu hanya soal anggaran.

“Jangan takut nanti pasti ada bantuan dari pemerintah, CSR dan lainnya,” pungkas Arum.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *