ALL

Pengamat Politik Ingatkan Jokowi Hati-hati Pilih Menteri Usia Muda

By  | 

Ke Bantarjati, Presiden Jokowi Berdialog Hangat dengan Ibu-Ibu Nasabah Mekaar | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menyarankan agar Presiden terpilih Joko Widodo dapat mempertimbangkan faktor kualitas dan track record dalam mengangkat figur muda masuk ke kabinet.

“Harus hati-hati soal menteri, tidak cuma melihat dari segi umur tapi juga soal rekam jejak dia, organsiasi-organisasi dia, latar belakang aktivis atau tidak, kemudian soal networking dia, soal dukungan parpol juga sangat berpengaruh,” kata Pangi kepada awak media, Kamis, (11/7/2019).

Menurut Pangi, penempatan posisi anak muda di kabinet nanti juga mesti di perhatikan secara serius oleh Jokowi. Sebab, jika tidak mampu memenuhi harapan publik dari kebijakan-kebijakan yang ditelurkannya akan berdampak ke Jokowi.

“Tidak sesuai dengan harapan publik, itu akan menjadi kecelakaan sejarah dan itu akan berbahaya juga,” imbuhnya.

Oleh karena itu, kata Pangi, pengangkatan anak muda ini mesti diperhatikan dengan baik. Diharapkan, kalangan muda yang jadi pembantu Jokowi bukan hanya dilandasi dari popularitasnya atau lantaran anak tokoh, tapi yang perlu diperhatikan adalah kemampuan, profesionalitas serta jaringan yang dimiliki.

“Kita kan tidak mencari cuma populisme, kalau hanya berdasarkan populisme banyak. Cuma yang bisa bekerja, dia anak muda tapi bukan karena dia terkenal, karena diorbit atau di karbitkan jadi politisi, atau karena dia bapak nya ketum partai,” tandasnya.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *