ALL

PDIP Gelar Rakornas Tiga Pilar untuk Bangkitkan UMKM

By  | 
UMKM | Foto: Istimewa

UMKM | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Koordinator Komite Perekonomian DPP PDI Perjuangan
Darmadi Durianto mengungkapkan, partainya dalam waktu dekat akan menggelar Rakornas Tiga Pilar dengan agenda utama acara akan diisi dengan pameran berbasis ekonomi kerakyatan. Tiga pilar tersebut adalah struktural partai, legislatif dan eksekutif.

Adapun tujuan rakornas tersebut digelar, lanjut Darmadi guna mengembangkan dan membangkitkan potensi UMKM.

“Rakornas Tiga Pilar kali ini menampilkan model ekonomi kerakyatan. Yang terintegrasi. Sehingga bisa meningkatkan produktifitas rakyat dan daya saing,” ujar Wakil Ketua Panitia Rakornas Tiga Pilar itu kepada wartawan di Jakarta, Jumat (15/12).

Darmadi menuturkan, jika melihat produktifitas dan daya saing UMKM diperlukan, sebab banyak keuntungan yang didapat jika UMKM di negara ini punya daya saing yang bagus. Untuk itulah, kata dia, PDIP konsen terhadap persoalan tersebut.

“Kita akan lebih kembangkan potensi UMKM. Jika UMKM-nya sudah bagus maka ujungnya bisa mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Di Indonesia saat ini ada 59.7 juta pelaku UMKM, dan bisa menyerap 97.5 persen lapangan kerja di Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, sudah semestinya keberadaan UMKM saat ini lebih diperhatikan dan diprioritaskan lagi. Mengingat, kontribusi mereka pada sumber pendapatan negara cukup signifikan dibandingkan kontribusi dari para pelaku usaha besar yang jauh di bawah para pelaku UMKM.

“Sumbangsih UMKM ke PDB 57 persen, padahal sumbangsih usaha besar yang jumlahnya hanya 5000 itu cuma 43 persen,” pungkasnya.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *