ALL

Partai-partai Ini Diprediksi Segera Gabung ke Koalisi Pemerintahan Jokowi

By  | 

Jokowi – Ma’ruf Amin | Istimewa

KedaiPena.Com – Pengamat komunikasi politik Silvanus Alvin memprediksi peluang Partai Gerindra untuk bergabung dengan kabinet pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin sangatlah besar.

Indikatornya ialah pertemuan Prabowo dengan Jokowi di MRT, pertemuan antara Prabowo dengan Megawati serta kehadiran Ketua Umum Partai Gerindra itu saat PDI Perjuangan menggelar kongres di Bali mengisyaratkan Gerindra akan merapat ke koalisi pendukung pemerintah. 

“Dari beberapa peristiwa politik, kita dapat memastikan Gerindra ini tampaknya sedang merapat ke PDIP demi memuluskan langkah bergabung di koalisi pemerintahan,” ujar dia kepada awak media, Jumat (16/8/2019).

Sama seperti Gerindra, kata Alvin, PAN sejak periode pertama pemerintahan Jokowi memang punya kecenderungan bergabung ke pemerintah. Menurutnya, salah satu bukti konkrit adalah PAN mendukung niat PDIP untuk melakukan amandemen atas UUD 1945. 

“Selanjutnya, saya menilai PAN akan bergabung ke koalisi pemerintah,” imbuh dia. 

Untuk Demokrat, Alvin menilai masih menunjukkan sikap abu-abu apakah akan merapat ke kubu pemerintah atau menjadi oposisi. Pasalnya, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari sang Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

“Bagaimanapun juga Demokrat baru akan bergerak setelah SBY bersuara,” tandas Alvin.

Laporan: Muhammad Hafidh
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *