ALL

Paloh Sebut Indonesia Anut Sistem Kapitalis Liberal, Al-Azhar: ‘Paradoks’

By  | 

Surya Paloh | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin meminta agar Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dapat mengintropeksi diri sebelum menyebut Indonesia telah menganut sistem kapitalis liberal.

“Pernyataan benar (Indonesia menuju kapitalis). Namun paradoks, dengan kenyataan bahwa NasDem juga yang ikut andil dalam sistem (kapitalis- liberal) yang ada sekarang,” kata Ujang kepada wartawan, Kamis (15/8/2019).

Ujang mengatakan, jika sistem saat ini khususnya ekonomi Indonesia arahnya telah menyimpang dari Pancasila, hendaknya Surya Paloh langsung memberi masukan ke Presiden Joko Widodo.

Sebagai elit pimpinan partai penguasa, sangat mudah bagi Surya Paloh menyampaikan masukan secara langsung ke Presiden untuk melakukan evaluasi besar-besaran agar ekonomi Pancasila hadir di tengah-tengah masyarakat.

Karenanya, pernyataan Surya Paloh seperti itu seolah memercik muka sendiri. 

“Betul itu (SP memercik muka sendiri),” tukas Ujang.

Sebelumnya, Ketum Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan, negara Indonesia ini telah menganut sistem kapitalis yang liberal. Namun, masih, malu untuk mengakuinya.

Menurut Paloh, negara ini selalu mendeklarasikan diri sebagai negara Pancasila karena malu-malu kucing untuk mengakui bahwa sistem yang dianut sesungguhnya adalah kapitalis liberal.

“Kita ini malu-malu kucing untuk mendeklarasikan Indonesia hari ini adalah negara kapitalis, yang liberal. Itulah Indonesia hari ini,” kata Paloh dalam diskusi bertajuk Tantangan Bangsa Indonesia Kini dan Masa Depan di UI, Salemba, Jakarta Pusat, kemarin.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *