ALL

Menteri Era Soeharto Sebut ‘Berbahaya’ Jika Presiden Dipilih oleh MPR

By  | 

Pemilu | Foto: Nurdin Hakim

KedaiPena.Com – Mantan Menteri era Presiden Soeharto Emil Salim menilai usulan kembali dipilihnya Presiden dan Wakil Presiden oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sangatlah berbahaya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Emil Salim dalam akun twitter pribadi miliknya @emilsalim2010 seperti yang dikutip oleh KedaiPena.Com, Minggu, (1/12/2019).

“Selama keuangan parpol dan anggota MPR tidak diaudit terbuka, selama transaksionalisasi pemilihan anggota MPR belum teratasi, sangatlah berbahaya bila MPR memilih Presiden-Wapres,” cuit Emil Salim.

Emil Salim mengungkapkan hal tersebut lantaran salah satu alasan untuk mengembalikan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden oleh MPR ialah penghematan biaya.

“Wacana Pimpinan MPR dengan PBNU agar Presiden-Wapres dipilih MPR untuk hemat biaya,” tukas Emil Salim.

Usulan soal kembali dipilihnya Presiden dan Wakil Presiden oleh MPR juga mendapatkan penolakan dari lingkaran partai penguasa.

Salah satu yang angkat bicara ialah Politikus PDIP yang saat ini menjadi anggota DPR periode 2019-2024, Johan Budi.

Johan secara singkat dan tegas menolak usulan dikembalikanya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden ke MPR yang memang mencuat dalam beberapa waktu terakhir ini.

“Tidak setuju. Presiden harus dipilih secara langsung oleh rakyat seperti yang sekarang ini, ” ungkap mantan Jubir Presiden Jokowi diperiode pertama ini.

Laporan: Muhammad Lutfi