ALL

Menjadikan Paramotor Sebagai Cabang Olahraga Utama di PON 2024

By  | 

KASAU Cup 2019 | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Kejuaraan Nasional Olahraga Paramotor digelar di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sanjaya, Bogor Jawa Barat, belum lama ini. Kejurnas yang bertajuk KASAU Cup ini adalah kolaborasi antara Paramotor Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

Menurut Ketua Paramotor Indonesia Cahyo Alkantana, kegiatan rutin tahunan ini diikuti oleh 42 atlet dari 12 pimprov yang tergabung. Kegiatan ini pun menargetkan adanya ranking nasional di kalangan atlet paramotor dalam negeri.

“Di Indonesia ini ada 18 pimprov, kali ini diikuti oleh 12 pimprov yang melibatkan 42 pilot. Targetnya agar bisa jadi eksebisi untuk nanti di PON 2024 Paramotor bisa jadi cabang olahraga utama,” ujarnya dalam keterangan yang diterima redaksi, ditulis Rabu (10/4/2019).

KASAU Cup 2019 | Foto: Istimewa

Ditambahkannya, ‘screening’ nasional ini adalah kelanjutan dari kompetisi sebelumnya yang dihelat di Lampung.

“Ada banyak pemecahan rekor dalam hal akurasi yang baik. Banyak juga muncul atlet muda,” sambung Cahyo.

Nantinya, kegiatan kejuaraan-kejuaraan seperti ini akan menjadi tolak ukur dalam even internasioal seperti di Eropa dan Asian Games pada 2022 kelak.

KASAU Cup 2019 | Foto: Istimewa

Di samping itu, ia berharap mampu memasyarakatkan paramotor di Indonesia baik dalam kalangan sipil maupun militer. Dengan modal 386 pilot yang ada, Cahyo yakin mampu merekrut 10-15 orang tiap tahun.

“Dengan jumlah pilot yang banyak maka penyebarannya akan semakin bagus,” kata dia lagi.

Dalam kejurnas KASAU Cup yang digelar pada 29-31 Maret 2019 ini, ada dua kelas yang dipertandingkan yakni Overall dan Juara Beregu. Di mana masing-masing kelas terbagi tiga kategori yaitu Presisi, Navigasi, dan Ekonomi.

Laporan: Rian Sartono Perdana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *