ALL

Ma’ruf Amin Ingin Bentuk Badan Riset Nasional, Sandiaga: Maaf Hanya Tambah Birokrasi

By  | 

Debat Cawapres | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyampaikan keinginannya soal masa depan dunia riset di Indonesia. Sandiaga ingin membuka kolaborasi peluang dunia usaha untuk melakukan riset.

Pernyataan Sandiaga sendiri didasari oleh pemaparan visi dan misi Ma’ruf Amin yang ingin ingin memajukan Indonesia dengan memperkuat riset dengan membentuk Badan Riset Nasional.

“Bagi kami kuncinya kolaborasi. Dunia usaha kita berikan insentif kalau invenstasi di ‘research’. Kita punya lembaga riset tapi banyak yang dihasilkan tidak digunakan, kita akan memberikan kesejahteraan lebih baik,” kata Sandiaga.

“Kalau pemerintah tidak memfasilitasi, bagaimana ekosistem riset menghasilkan,” sambung Sandiaga.

Sandiaga pun menilai dengan terbentuknya sebuah badan baru untuk mengakomodir kegiatan riset di Indonesia seperti yang diwacanakan oleh Ma’ruf Amin tidaklah efektif.

“Menambah jumlah lembaga yang menangani bidang riset, menurut kami, ‘nuwun sewu’, Pak Kiai, menambah juga birokrasi,” tutur Sandiaga.

Menanggap pernyataan Sandiaga, Ma’ruf Amin pun tak tinggal diam. Ia lantas meluruskan persepsi Sandiaga soal Badan Riset Nasional yang akan didirikannya.

“Bukan menambah, tapi menyatukan lembaga di bidang riset. Dengan demikian riset akan semakin berkembang ke depan. Bisa menjadi riset yang membangun Indonesia ke depan,” jelas Ma’ruf.

“Sekali lagi kita persiapkan untuk ’10 years challenge’,” pungkasnya.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *