ALL

LIPI: ‘Undecided Voters’ Tentukan Pilihan  Sehari Jelang Pemilihan

By  | 

Golput | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Sejumlah lembaga survei memprediksi golongan putih (golput) akan meningkat pada pemilu 2019. Hal itu disebabkan oleh tingginya angka pemilih yang belum menentukan sikap atau ‘undecided voters’ pada pemilu yang berlangsung Rabu (17/4/2019).

Meski demikian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  berpandangan berbeda. Pengamat Politik LIPI,  Wasisto Rahardjo Jati  menilai para ‘undecided voters’ akan menentukan pilihan sehari jelang pemilihan.

“Prediksi saya H-1 mereka udah punya ketetapan hati mau coblos mana,” ujar dia saat berbincang kepada KedaiPena.Com, ditulis Selasa (16/4/2019).

Wasisto mengatakan alasan para ‘undecided voters’ akan menentukan pilihan sehari jelang pemilu lantaran pada waktu tersebut mereka berada dalam kondisi terdesak.

“Karena hari itu semua informasi sudah terangkum dan secara psikologis dalam kondisi terdesak. Dalam kondisi terdesak. Dari situlah mereka punya preferensi memiih,” papar dia.

Wasisto menekankan golput dalam pandangan dirinya hanya tes psikologi bagi kandidat serta loyalis.  Dengan demikian tingginya golput sesuai prediksi  survei tidak akan terjadi.

“Golput dalam pandangan saya lebih pada tes psikologi bagi kandidat dan loyalisnya tuk bisa berargumentasi meyakinkan menggaet mereka,” tandas dia.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *