ALL

LIPI Minta Jokowi Mempertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih Menteri

By  | 

Peneliti LIPI Siti Zuhro | Istimewa

KedaiPena.Com- Peneliti Senior LIPI Siti Zuhro menyarankan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat mempertimbangkan sejumlah prinsip dan kriteria untuk menentukan calon Menteri di kabinetnya.

Hal itu, kata Siti begitu disapa, lantaran partai yang mendukung dan berada di koalisi 01 cukup banyak. Belum lagi kemungkinan partai nonkoalisi yang akan merapat kekekuasaan.

“Prinsip proporsionslitas dan profesionalitas serta memenuhi kriteria integritas, kompetensi, kapasitas dan kepeminpinan atau managerial yang terbaik,” ujar Siti dalam perbincangan, Senin, (8/7/2019).

Siti melanjutkan bahwa para calon Menteri pemimpin lembaga adalah sosok yang dapat dipercaya dan tidak menimbulkan kontroversi di masyarakat.

“Pengalaman tahun 2014 tidak boleh terulang seperti batalnya Maruar Sirait jadi menteri dan kekeliruan dalam merekrut calon yang ternyata warga negara asing yang diangkat, diberhentikan dan diangkat lagi yaitu kasus Acandra,” papar Siti.

Siti menegaskan diperiode keduanya Jokowi juga harus cermat dan akurat dalam memilih Menteri dan mengumbar harapan- harapan yang ternyata tidak bisa dipenuhi.

“Sikap yang jelas dan terukur membuat partai- partai pendukung juga berhitung untuk terlalu banyak menuntut,” pungkas Siti.

Diketahui, rangkaian Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 sudah rampung. Pasangan terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amien tinggal menunggu tanggal pelantikan.

Perhatian publik kini beralih pada siapa saja sosok-sosok yang akan dipilih masuk dalam kabinet Jokowi selanjutnya. Sejumlah partai koalisi Jokowi sendiri bahkan sudah berani bersikap untuk meminta jatah Menteri.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *