ALL

Lemhanas: Pancasila Itu Dasar Negara Bukan Pilar

By  | 
KedaiPena.Com - Pekerja membersihkan ruang Sidang Utama, Gedung Kura Kura, Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (8/8), tempat Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD yang akan digelar. Pembersihan ini dilakukan secara teliti, mulai dari bangku, hingga patung burung garuda pancasila. Sidang Tahunan yang akan digelar pada 16 Agustus yang dihadiri Presiden Jokowi untuk menyampaikan Pidato Kenegaraan. Foto: Tkr/KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – Pekerja membersihkan ruang Sidang Utama, Gedung Kura Kura, Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (8/8), tempat Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD yang akan digelar. Pembersihan ini dilakukan secara teliti, mulai dari bangku, hingga patung burung garuda pancasila. Sidang Tahunan yang akan digelar pada 16 Agustus yang dihadiri Presiden Jokowi untuk menyampaikan Pidato Kenegaraan. Foto: Tkr/KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – Pancasila menjadi hierarki tertinggi adalah solusi terhadap kondisi bangsa saat ini. Pancasila harus menjadi dasar dalam setiap membuat kebijakan.

Hal itu dikatakan Mayjen TNI (Purn) Lumban Sianipar, Tenaga Profesional (Taprof) Bidang Ketahanan Nasional dan Geostrategi Lemhanas dalam keterangan yang diterima KedaiPena.Com, ditulis Senin (2/6/2018).

“Pancasila itu dasar negara, bukan pilar. Pancasila merupakan konsesus dasar bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar, lalu ditopang oleh UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI,” kata Lumban.

Sementara itu, tokoh agama Habib Muksin menegaskan, Indonesia adalah bangsa yang beragama dan menjunjung tinggi agama.

“Pancasila merupakan kristalisasi dari poin-poin agama. Maka jangan benturkan nilai-nilai Pancasila dengan agama dan jangan jadikan Pancasila sebagai alat mendiskriminasi,” tegas Habib Muksin.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *