ALL

Kunci Ciliwung Bersih dan Harum: Sinergitas Antar Komunitas 

By  | 

Arung Ciliwung | Foto: Dok KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Karliansyah, mengaku yakin Sungai Ciliwung, Jakarta akan bisa mengikuti jejak Sungai Citarum di Jawa Barat.

“Citarum sudah mulai bersih dari sampah dan limbah pun sekarang melalui proses. Kualitas air sungainya juga semakin membaik. Ciliwung pun sebenarnya bisa,” ujar Karliansyah saat berbincang dengan KedaiPena.Com, di kantornya, ditulis Minggu (17/3/2019).

Keyakinan Karliansyah akan bersih Ciliwung seperti Citarum sendiri didasari oleh keberadaan komunitas-komunitas yang ada ada di bantaran hulu hingga hilir Sungai. Kuncinya, kata Karliansyah, adalah sinergitas antara komunitas dari hulu hingga hilir Ciliwung.

“Kalau komunitas di Ciliwung pada giat berkegiatan saling merajut dan bersinergi dari hulu ke hilirnya pasti bisa seperti Citarum,” ujar Karliansyah.

Karliansyah pun membeberkan sebuah cara agar setiap komunitas di hulu dan hilir Ciliwung dapat bersinergi. Caranya, ialah berkegiatan rutin secara bersama-sama untuk merawat Ciliwung.

“Harus menjadi gerakan, setiap bulan jalan dan berkegiatan bersama. Sampai nanti setahun akan berubah akan menjadi kebiasan. Karena memang di Ciliwung ini perilaku yang harus kita ubah,” papar Karliansyah.

Ia pun mengaku setuju dengan gagasan ‘eco tourism’ sebagai konsep untuk mengembangkan dan merawat sungai Ciliwung.

“Eco tourism dan itu caranya saja bagaimana masyarakat mendapat manfaat ekonomi dari Sungai Ciliwung,” pungkas Karliansyah.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *