ALL

Kisah Inspiratif Jadi Awal Kelahiran Avtech

By  | 
Yudhi Avtech | Foto: KedaiPena.Com

Yudhi Avtech | Foto: KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – Ada kisah menarik di balik keberhasilan owner Avtech Yudhi Kurniawan dalam mengembangkan bisnisnya outdoornya hingga kini.

Yudhi, begitu ia dipanggil mengungkapkan, bahwa awal mula ia berbisnis peralatan gunung didasari hobinya naik gunung.

“Waktu itu saya sekolah di SMA 1  Budi Utomo. Dan gak bisa masuk Sispala SMA, Palasi karena tidak punya duit untuk beli carrier dan lain-lain. Akhirnya cuma jadi simpatisan,” cerita Yudhi kepada KedaiPena.Com di Kantor Avtech, Setu, Jakarta Timur, ditulis Sabtu (2/6/2018).

Ia menambahkan, kondisi keuangan keluarganya saat itu tidak mumpuni. Sebab saat itu dirinya hanya diasuh oleh Ibunya, setelah Ayahnya meninggal saat kecil.

Meski demikian dirinya tak putus asa. Ia pun memberanikan diri untuk membuat peralatan gunung sendiri. Tanah Abang menjadi tempat pilihan Yudhi berbelanja bahan dasar.

“Akhirnya mulai pada tahun 1994. Karena tidak sanggup beli, ya bikin sendiri. Belanjanya di Tanah Abang. Lalu belajar menjahit sama Nenek, pakai mesin jahit,” jelas Yudhi.

Ia menerangkan, dari situ dirinya terus berlanjut untuk mengembangkan bisnis. Kala itu, Yudhi menamakan ‘brand’-nya dengan sebutan Adventure.

“Ya saat itu berkembang. Ya waktu itu saya ngejahit, jaga toko di Sunter, semuanya dikerjakan sendiri. Kebetulan tempat produksi dan toko, Gelarwangi itu satu di Sunter. Jadi kalau tidak ada yang beli, saya menjahit di lantai dua. Tapi kalau ada pelanggan datang, baru saya ke lantai bawah untuk melayani. Nah, pada 1997 baru pakai nama Avtech dan mulai didistribusi ke toko-toko lain,” jelas dia.

Yudhi mengakui, modal membangun bisnisnya dimulai dengan menabung. Setelah itu, ia mulai memberanikan diri meminjam dari bank.

“Ya sebenarnya kalau ngomongin modal ga ada sama sekali. Ya dari duit jajan ngumpulinnya. Ya dari situ semua mengalir. Mungkin karena ketekunan dan sudah mulai maju dan bank berani ngasih pinjaman. Saat itu bank memberi pinjaman Rp5 juta,” ungkapnya.

Laporan: Ricky Sismawan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *