ALL

Kepala BSSN Beberkan Peran Penting Pancasila Hadapi Perang Siber

By  | 

Kepala BSSN Hinsa Siburian | KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian mengungkapkan peran penting pancasila sebagai sumber kekuatan Indonesia dalam menghadapi tantangan perang siber yang dapat memecah belah bangsa melalui informasi hoax atau bohong.

“Pusat kekuatan Indonesia itu pancasila khususnya sila ketiga. Itu artinya kita punya kemampuan dan kekuatan serta kebebasan untuk bergerak karena sebenarnya negara ini punya kekuatan dan sumber daya yang hebat,” papar Hinsa dalam pidatonya di grand launching (Gov-CSIRT) dan FGD Penyelenggaraan Penanggulangan dan Pemulihan Insiden Siber Sektor Pemerintah, bertempat di hotel Mercure Ancol, Jakarta, Rabu, (10/7/2019).

Hinsa menambahkan sebagai sumber kekuatan bangsa Indonesia, pancasila juga merupakan rangkaian untuk mencapai cita- cita dan tujuan berdirinya negara ini yakni masyarakat adil dan makmur.

“Oleh sebab itu kita harus bersatu dan menjadikan pancasila sebagai dasar negara dan staregi untuk menjadi pusat kekuatan bangsa Indonesia,” papar Hinsa.

Pusat kekuatan ini, lanjut Hinsa, juga harus dapat memperoleh kemampuan bangsa Indonesia untuk bergerak dan bertindak demi mencapai tujuan bangsa dan bernegara.

“Seperti zaman dahulu saat kita dijajah dengan penjajah dan negara yang dijajah menderita. Tapi nenek moyang kita sadar dan tidak mau menderita terus-menerus oleh sebab itu mereka mau merdeka. Untuk merdeka itu kita harus bersatu,” tandas Hinsa.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *