ALL

Kenali Program Palyja Green Community

By  | 

Palyja | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) memliki sebuah program untuk membentuk kemandirian masyarakat. Program tersebut bernama Palyja Green Community (PGC).

Corporate Sosial Responsibility (CSR) Palyja, Baroto mengatakan bahwa program PGC ini mencoba untuk membentuk kemandirian masyarakat.

“Diawali dari lingkungan sekitar Palyja untuk mampu menjadi komunitas yang bersih, sehat dan hijau, melalui program pelatihan dan pendampingan,” ujar dia kepada KedaiPena.Com, ditulis Jumat (12/4/2019).

Baroto menerangkan bahwa kelompok-kelompok warga binaan Palyja tersebut termasuk yang berada di sekitar pinggiran sungai.

“Mereka mendapatkan pelatihan tentang proses daur ulang sampah kering menjadi produk kerajinan seperti tas, bunga serta komposting,” kata dia.

Program ini sendiri, lanjut Baroto, diadakan oleh Palyja dengan model monitoring serta pendampingan. Sehingga, terbentuknya kader-kader aktif dalam pengelolaan lingkungan di wilayah masing-masing.

“Tersebarnya kepedulian akan lingkungan hidup di masyarakat sekitar komunitas terpilih, pada akhirnya akan tercipta komunitas yang mampu mengelola lingkungannya dengan baik secara mandiri serta cinta kepada alam sekitar,” beber dia.

Tidak hanya itu, kata dia, bagi komunitas yang tinggal di sekitar sungai, akan tercipta kepedulian akan sungai sebagai bagian depan rumah yang harus dijaga dan dilindungi. Bukan sebagai tempat sampah raksasa.

“Karena fungsi sungai adalah sebagai sumber kehidupan dan juga keragaman hayati sebagai sarana transportasi air dan wisata, serta sumber kemaslahatan bagi masyarakat,” beber dia.

Baroto menjelaskan Palyja sendiri sudah memiliki komunitas dalam program Palyja Green Community. Seperti di Pejaten Timur, ada Komunitas Peduli Ciliwung Gema Bersuci.

“Mereka sudah berjalan sejak tahun 2013-2014 melaksanakan berbagai kegiatan,” tandasnya.

Berikut ini daftar warga peduli lingkunan binaan Palyja:

1.Kelapa Dua RW 03 dan Kebon Jeruk RW 01 – Jakarta Barat

2.Karet Tengsin RW 05 – Jakarta Selatan

3.Cilandak RW 01 – Jakarta Selatan

4.Karet Tengsin RW 07 – Jakarta Pusat

5.Gandaria Utara RW 11 – Jakarta Selatan

6.Kedoya Utara RW 02 – Jakarta Barat

7.Pejaten Timur – Jakarta Selatan

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *