ALL

Kementerian Ditegur Jokowi Karena Hamburkan Uang Negara, PDIP: Harusnya Fokus Terhadap Kesejahteraan Rakyat

By  | 
Hendrawan Supratikno | Foto: Istimewa

Hendrawan Supratikno | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Politikus PDIP Hendrawan Supratikno meminta agar setiap kementerian dan lembaga negara dapat menggunakan anggaran secara efisen dan efektif demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat banyak.

Hendrawan mengungkapkan hal tersebut lantaran saat ini banyak kementerian dan lembaga yang kerap menghamburkan uang negara. Terbaru Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang disentil oleh Presiden Joko Widodo karena menghamburkan uang negara.

“Kami selalu mengingatkan agar anggaran digunakan secara efisien dan efektif, dan berdampak riil pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jangan sampai anggaran naik tetapi lebih untuk melayani internal kementerian dan lembaga,” ujar Hendrawan melalui pesan singkat kepada KedaiPena.Com, Selasa (26/12).

Hendrawan mengungkapkan effesien yang dimaksud adalah menekan pemborosan. Hal-hal yang tidak perlu, tegas Anggota Komisi XI DPR ini, jangan dikerjakan oleh kementerian dan lembaga negara.

“Kontrol dan pengawasan dan pengendalian Internal harus jalan. Dan dalam hal ini MenpanRB harus juga lebih tegas dan keras untuk membenahi birokrasi,” beber Hendrawan.

Ia pun mengakui bahwa masalah kementerian dan lembaga terdapat pada rapat-rapat baik dari kepanitiaan, satgas serta tim-tim yang dirasa tidak perlu.

“Perjalanan dinas sudah menjadi sumber penghasilan utama, melebihi gaji. Dan Ini urusan manajemen anggaran dan kontrol kinerja saja,” pungkas Hendrawan.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *