ALL

Kabupaten Karo Meningkatkan Kualitas Pariwisata

By  | 

Mulia Barus | Foto: Dok KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – Kabupaten Karo meningkatkan kualitas pariwisata demi menyukseskan Danau Toba menjadi destinasi pariwisata prioritas.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karo, Mulia Barus saat ditemui di sela Penguatan Kelompok Sadar Wisata yang dilakukan Kementerian Pariwisata di Brastagi, Karo, Sumatera Utara, Kamis (11/10/2018).

“Program prioritas kita adalah pengembangan dan penataan destinasi pariwisata. Lalu ada pengembangan pemasaran pariwisata, pengembangan kemitraan, pelestarian dan pengelolaan kekayaan budaya,” ujar dia.

Mulia ingin mewujudkan Karo menjadi daerah tujuan wisata utama dan berwawasan lingkungan berdasarkan budaya setempat.

“Dalam pengembangan destinasi, kita memperbaiki, menata dan meningkatkan kualitas objek wisata. Lalu pengembangan objek pariwisata unggulan, peningkayan sarana prasarana, pengembangan wisata unggukan dan wisata baru. Lalu kita juga memperbaiki aksesibilitas, amenitas dan atraksi,” papar Mulia.

Lalu dalam program pengembangan pemasaran pariwisata, Mulia menambahkan pihaknya menguatkan pemanfaatan teknologi informasi. Lalu pengembangan kerjasama promosi pariwisata, baik dengan dalam dan luar negeri.

“Kita juga bikin kalender even di mana salah satunya kita bikin Festival Budaya Menjuah-juah yang dilakuakan bulan November 2018. Ada juga festival-festival lain. Untuk tahun depan kita mau launching kalender even di Kemenpar,” tegas Mulia.

Yang tidak boleh dilupakan adalah peningkatan kualitas daya saing kapariwisataan. Seperti pelatihan SDM, pemandu, kesadaran masyarakat soal sapta pesona, akomodasi, transportasi dan sebagainya.

Tentang budaya, Disparbud melakukan pembinaan sanggar-sanggar seni. Tiap minggu dilakukan berbagai atraksi open stage seni lokal di Taman Menjuah-juah.

“Ada juga budaya ritual (Erpangir Kula) yang dimodifikasi di Lau Debuk-debuk. Erpangir Kula sendiri telah mendapatkan warisan budaya dari Unesco,” kata dia lagi.

Masih kata Mulia, di sektor budaya, pihaknya juga telah membentuk Forum Budaya Karo dan mengusulkan kepada pengelola hotel sejenis untuk menampilkan budaya Karo per minggu.

Karo merupakan salah satu wilayah, tempat Danau Toba berada. Selain kaldera besar tersebut, Karo memiliki bentang alam yang potensial dijadikan tempat wisata seperti air terjun, gunung dan sebagainya. Kawasan Brastagi sendiri merupakan salah satu objek wisata yang kerap dikunjungi wisatawan karena jaraknya yang relatif dekat dengan Medan.

Laporan: Ranny Supusepa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *