ALL

Jokowi Disarankan Tidak Pilih Sosok Kontroversial Jadi Menteri

By  | 

Peneliti Siti Zuhro LIPI | Istimewa

KedaiPena.Com – Peneliti senior dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menyarankan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat merekrut sosok yang memiliki, intergritas karakater, dan kompetensi sebagai menteri di kabinet periode kedua ini.

“Sosok menteri yang layak direkrut adalah yang mempunyai integritas, karakter dan kompetensinya. Yang mampu memajukan Indonesia melalui program- program yang dieksekusi, ” ujar Siti kepada KedaiPena.Com, Minggu (25/8/2019).

Siti juga menyarankan agar Presiden Jokowi dapat memilih sosok menteri yang mampu achievement yang konkret. Kinerjanya juga bagus dan tak banyak membuat politik pencitraan dan hal-hal yang kontroversial.

“Jadi presentasi 55 (profesional) dan 45 (parpol) dapat dinilai positif ketika kemanfaatannya dirasakan secara meluas oleh rakyat,” beber Siti.

Dengan demikian, Siti menegaskan, komposisi menteri tidak hanya sekadar persentase saja yang ditekankan.

“Lebih dari itu harusnya juga kualifikasi/kualitas dan kapasitas orang-orang yang akan jadi pemimpin di kementerian dan lembaga juga dikedepankan,” pungkas Siti.

Sebelumnya, Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) memberikan bocoran pada susunan menteri Kabinet Jilid II. Jokowi mengatakan, porsi partai politik lebih kecil dari kalangan profesional.

Jokowi menegaskan partai politik hanya mendapat 45 persen dari komposisi menteri. Sehingga, komposisi menteri dari kalangan profesional mencapai hingga 55 persen.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *