ALL

Jokowi: 74 Tahun Merdeka, Indonesia Masih Kokoh Karena Pancasila

By  | 

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di sidang tahunan MPR/ DPR dan DPD | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa perbedaan bukanlah penghalang bangsa Indonesia untuk bersatu. Jokowi meyakni dengan persatuan, rakyat Indonesia bisa sama-sama maju.

Demikian disampaikan oleh Jokowi dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR, Gedung MPR/ DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

“Dalam persatuan itulah, kita menemukan energi yang mahadahsyat, untuk menggerakkan seluruh tenaga, pikiran, dan tetesan keringat untuk kemajuan Indonesia. Dalam persatuan itulah, kita menemukan solidaritas, kepedulian, dan semangat berbagi antarsesama anak bangsa,” ucap Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku tetap bersyukur karena Indonesia masih kokoh 74 tahun sejak kemerdekaan. Kekokohan itu tak lepas dari peran pancasila.

“Esok hari, kita merayakan 74 tahun Indonesia merdeka. Kita patut bersyukur, di tengah berbagai tantangan dan terpaan badai sejarah, Indonesia sebagai rumah besar kita bersama tetap berdiri kokoh. Indonesia berdiri kokoh karena kita memiliki fondasi yang sangat kuat, Pancasila,” tegas Jokowi.

“Pancasila adalah dasar negara, bintang penjuru, sekaligus pemersatu kita semua,” tambah Jokowi.

Jokowi mengatakan bangsa Indonesia bisa hidup rukun tanpa dibeda-bedakan latar belakang agama, suku, ras, maupun golongan di rumah Pancasila.

Jokowi menekankan bahwa rumah besar Indonesia tempat yang nyaman untuk seluruh anak bangsa, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

“Dalam rumah besar ini, semua anak bangsa bisa berkarya, bisa bergerak, dan bisa berjuang untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita kita bersama,” pungkas Jokowi.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *