ALL

Ini Model Surat Suara di Pilkada Kota Jayapura

By  | 

KedaiPena.Com- Lembar surat suara tuk Pilkada Kota Jayapura berbeda dengan 10 Kabupaten Peserta Pilkada tahun 2017 di Papua. Perbedaan itu nampak terlihat dari lembar surat suara yang ada gambar pasangan calon dan gambar kosong.

“Perbedaan surat suara di Pilkada Kota Jayapura dengan pilkada di kabupaten lain di Papua, lantaran di pilkada kota jayapura hanya ada satu pasangan calon yakni pasangan Benhur Tomi Mano-Rustam Saru, sehingga kami (KPU) pun mencetaknya beda dengan yang lain”, kata Komisioner KPU Bidang Data dan Logistik Kota Jayapura, Cipto Wibowo di Jayapura, Jumat (27/1).

Wibowo menjelaskan, saat pencoblosan nantinya, pemilih diberikan keleluasaan mencoblos, apakah pada kotak bergambar maupun kotak yang kosong.

“Pada saat pencoblosan nanti masyarakat dapat melakukan pencoblosan sesuai dengan hati nurani mereka, entah yang ada gambarnya maupun tak ada gambarnya, sama-sama sah,” ungkapnya.

Ditanya soal keabsaan dari suara pemilih itu, ia menjelaskan bahwa keabsaan dihasilkan dari jumlah terbanyak pemilih yang memilih gambar maupun tidak ada gambarnya.

“Intinya hasil suara pilihan masyarakat itu mencapai 50 persen tambah 1 dari jumlah suara yang sah di TPS,” katanya.

Laporan: Ichad

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *