ALL

Ini Dia Spesifikasi Kepal Selam yang Baru Diresmikan Menhan

By  | 
KRI Nagapasa | Foto: Detik.com

KRI Nagapasa | Foto: Detik.com

KedaiPena.Com – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meresmikan KRI Nagapasa-403 di Busan, Korea Selatan, Rabu (2/8). Kapal selam ini merupakan satu dari tiga kapal selam yang dipesan Indonesia dari Korea Selatan.

Kapal tersebut dibangun pada 2013 dengan menggunakan transfer of technology (ToT). Kapal selam ini merupakan produksi ekspor pemerintah Korea Selatan yang pertama kali.

Dalam keterangan pers yang dirilis Kemhan, kapal tersebut merupakan pengembangan dari kapal selam tipe Chang Bogo Class milik Republic of Korean Navy (ROK Navy) dan kapal selam tipe Cakra yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut.

Proses pembangunan kapal berada di bawah kendali pengawasan Satuan Tugas Proyek Pengadaan Kapal Selam (Satgas Yekda KDSE DSME209) yang dipimpin Laksma TNI Iwan Isnurwanto.

Kapal selam yang diberi nama KRI Nagapasa-403 memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah air. Kapal ini punya ketahanan berlayar lebih dari 50 hari dan mampu menampung 40 kru untuk menunjang fungsi. Kapal juga dipersenjatai torpedo dengan fasilitas delapan buah tabung peluncur.

KRI Nagapasa-403 juga dirancang untuk mampu men-deploy ranjau laut, meluncurkan rudal antikapal permukaan, serta mampu melepaskan torpedo Counter Measure.

TNI AL sendiri sudah menyiapkan markas untuk kapal selam baru. Kapal-kapal selam tersebut, rencananya akan bermarkas di Teluk Palu, Sulawesi.

Laporan: Muhammad Ibnu Abbas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *