ALL

Ini Cara Jokowi Tingkatkan Profesionalisme TNI

By  | 

HUT TNI 74 | Foto: Dok Instagram Pribadi Presiden Jokowi

KedaiPena.Com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan komitmen dukungan untuk meningkatkan profesional prajurit Tentara Nasional Indonesia atau TNI.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi saat menghadiri dalam acara HUT TNI ke-74 di Lanud Perdana Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

“Pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan profesionalisme TNI. Pemerintah telah menambahkan 60 jabatan perwira tinggi baru untuk mengoptimalkan peran prajurit,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menegaskan, pemerintah juga terus menambah jumlah alat utama sistem pertahanan (Alutsista) untuk memenuhi target Kekuatan Pokok Minimum (Minimum Essensial Forces) tahap II.

“Peningkatan kemandirian industri pertahanan nasional juga terus diusahakan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No.16 tahun 2012,” tutur Jokowi.

Jokowi menambahkan, bahwa pemerintah juga turut meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan prajurit TNI untuk mendukung profesionalisme prajurit.

Pemerintah, kata Jokowi, juga terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi prajurit TNI.

“Alokasi anggaran pertahanan tahun 2019 sebesar Rp121 triliun akan dinaikkan menjadi lebih dari Rp131 triliun di tahun 2020,” beber Jokowi.

Selain itu, Jokowi menegaskan, pemerintah juga terus mengupayakan kredit perumahan untuk prajurit hingga jangka waktu 30 tahun.

“Selain itu, pemerintah akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen di tahun 2020,” tandas bekas Wali Kota Solo ini.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *