ALL

IAC Respon Positif Kegiatan Peduli Sungai Ciliwung 

By  | 

Logo Ikatan Alumni Curug (IAC) | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Ikatan Alumni  Curug (IAC) yang merupakan kumpulan para lulusan dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) merespon positif kegiatan peduli lingkungan sungai Ciliwung.

Respon positif disampaikan IAC kepada kegiatan yang dilakukan kelompok Sahabat Sungai Srengseng Sawah yang berada di Saung Bambon Riverside, Jalan Gardu, Lenteng Agung,  Jakarta Selatan.

Sahabat Sungai Ciliwung sendiri beberapa waktu menggelar kegiatan Hari Bumi. Di situ, IAC turut berkontribusi meminjamkan sebuah kano atau perahu kayak bagi Sahabat Sungai Ciliwung.

Proses kepedulian terhadap Ciliwung juga dilakukan setiap waktu dengan pendekatan konservasi, pariwisata dan pemberdayaan publik.

“Sangat bagus dan memberikan dampak positif baik bagi masyarakat di sekitar maupun lingkungan Kali Ciliwung. Mudah-mudahan menjadi kegiatan pemberdayaan masyarakat yang secara rutin dilakukan,” ujar Wasekjen IAC Oka Fatra, dalam perbincangan, ditulis, Jumat (16/5/2019).

Meski demikian, kata dia,  IAC yang juga berfokus kepada permasalahan lingkungan ini mengingatkan sejumlah hal kapada masyarakat di sekitaran Sungai Ciliwung.

“Harus rutin patroli Rutin di area sepanjang Kali Ciliwung agar sampah-sampah yang ikut terbawa arus kali bisa diambil sehingga mengurangi polusi serta mengimbau kepada masyakarat di sekitar Kali Ciliwung mengenai pentingnya menjaga kebersihan Kali Ciliwung,” tegas dia.

Tidak hanya itu, Oka juga meminta agar masyakarat di sekitar Kali Ciliwung dapat bersama-sama  untuk menanam pohon yang berfungsi menahan debit air yang berlebih.

“Serta membangun lingkungan Kali Ciliwung sehingga menjadi lokasi yang layak dikunjungi oleh masyarakat dari luar Kali Ciliwung,” pungkas Oka.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *