ALL

Gelar Pelatihan Desa Wisata, Akademisi Ungkap Pentingnya Sadar Wisata dan Sapta Pesona

By  | 

Pelatihan Desa Wisata di Pangalengan | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar program pelatihan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dan pendampingan desa wisata di desa, Lamajang, Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/5/2019).

Program ini sendiri merupakan kerja sama antara Asisten Deputi Pengembangan SDM dan Hubungan Antar Lembaga Kemenpar dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPar), Yapari Bandung.

Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama STIEPar Yapari, Titing Kartika mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk menekankan pentingnya pemahaman sadar wisata dan sapta pesona dalam pengelolaan desa wisata.

“Pola pengelolaan desa wisata ini berbasis masyarakat, sehingga sangat penting masyarakat dalam mengimplementasikan sapta pesona,” ujar dia dalam perbincangan.

Sadar wisata merupakan gerakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar siap untuk berperan sebagai tuan rumah (host) dan memahami, mampu serta bersedia untuk mewujudkan sapta pesona di lingkungannya, yang meliputi unsur-unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

Dia pun mengungkapkan selain melakukan program pelatihan tersebut, diperlukan juga sinergi dari pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Karena belum optimal dalam tataran implementasinya dengan demikian diperlukan upaya sinergi dari pihak terkait untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi yang dimilikinya,” papar dia.

Diketahui, kegiatan ini sendiri turut dihadiri oleh Kepala Desa Lamajang Yusep Kurnia, Disparbud Kab Bandung Yoharman Syamsu, Ketua STIEPar Yapari Bambang Hermanto.

Selain itu, ada pula perwakilan dari Kementerian Pariwisata Kasubbid Sadar Wisata Arum Damarintyas. Titing Kartika yang merupakan dosen di STIEpar Yapari menjadi pemateri pada kegiatan ini.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *