ALL

Garuda Rencana Pasang Wifi di 30 Pesawat

By  | 

Pesawat | Foto: Dok KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) mempunyai rencana akan memasang layanan wifi di 30 pesawat yang dimilikinya. Pemasangan wifi merupakan jalinan kerja sama dengan PT Mahata Aero Technology (Mahata).

Direktur Teknik dan Layanan Garuda Indonesia, Iwan Joeniarto menyatakan, proses pemasangan wifi memerlukan sertifikasi yang baik. Karena, semua pesawat yang dioperasikan Garuda Indonesia merupakan pesawat milik liasor yang terkenal.

Dia menyebutkan, pesawat Garuda Indonesia yang telah mendapatkan izin pemasangan wifi berjenis Airbus 330 dan 320. Jadi belum semua pesawat Garuda mempunyai fasilitas wifi.

“Sudah dapat izin, tapi baru satu A320 yang baru dipasang. Untuk Boeing target sertifikasinya September 2019. Proses pemasangan bisa bertahap ke seluruh pesawat Garuda, Citilink dan Sriwijaya Air,” jelas Iwan di Cengkareng, Rabu (8/5/2019).

Iwan mengatakan, dari 30 pesawat yang akan dipasang, sebanyak 15 pesawat Citilink akan dipasangkan wifi di tahun ini.

“Untuk Garuda ada 4-5 pesawat Garuda A330 yang akan dipasang dan sudah ditargetkan 10 pesawat 737 punya Garuda juga. Wifi ini akan bisa dirasakan oleh penumpang di 35 ribu kaki,” jelas dia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia, Fuad Rizal meyebutkan, perusahaan optimistis akan mendapatkan keuntunga dari hasil kerja sama bersama Mahata.

Sebagaimana diketahui, Garuda Indonesia memiliki kontrak kerja sama dengan Mahata sebesar USD241,9 juta. Kontrak itu berjalan selama 15 tahun.

“Kami tidak khawatir, karena telah memiliki kepastian kontrak bersama Mahata. Kontrak itu sendiri selama 15 tahun. Pengakuan pendapatan dengan Mahata juga sudah sesuai PSAK 23. Jadi kemungkinan besar manfaatnya akan mengalir ke GIAA,” terang dia.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *