ALL

Dukungan Para Artis Malah Buat Citra Prabowo-Sandi Buruk

By  | 

Prabowo-Sandi | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Direktur Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai dukungan para artis seperti Lucinta Luna serta Ahmad Dhani kepada pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno akan membawa dampak negatif.

Dampak negatif yang dimaksud, lanjut Karyono, lantaran citra negatif yang melekat kepada Lucinta Luna dan Ahmad Dhani.

“Dari penelusuran di media dan media sosial secara sederhana artis Lucinta Luna pernah menjadi cemohan publik dan netizen terkait adanya dugaan transgender alias merubah jenis kelamin. Lucinta diduga netizen berjenis kelamin laki-laki tapi berpenampilan layaknya perempuan,” ungkap Karyono di Jakarta, Minggu (4/11/2018).

Sedangkan untuk Ahmad Dhani, kata Karyono, masyarakat sudah mengenal sosok pentolan band Dewa 19 tersebut sebagai pengumbar pernyataan kontroversial yang mengundang respon negatif. 

Mulai dari kasus perceraiannya dengan Maia Estianty, kasus tabrakan maut oleh salah satu putranya yang mengemudikan mobil tanpa SIM hingga penetapan statusnya sebagai tersangka atas dugaan pencemaran nama baik, menambah rekam jejak yang negatif.

Karyono menyimpulkan, dari rekam jejak Lucinta Luna dan Ahmad Dhani ini dapat disumsikan bahwa kedua figur tersebut memiliki image negatif di mata publik.

“Meskipun tidak bisa dipungkiri kedua artis tersebut memiliki penggemar setia. Namun, secara tidak langsung, imej negatif kedua artis tersebut bisa juga berdampak negatif bagi pasangan Prabowo-Sandiaga,” papar Karyono.

Ia mengingatkan, bahwa dukungan artis kepada pasangan capres dan cawapres merupakan bagian dari strategi ‘endorsement’ tokoh yang menjadi ‘public figure’.¬†Tujuannya adalah untuk menjadikan, menjadi vote getter atau pengepul suara bagi pasangan capres.¬†

“Dengan kondisi demikian Prabowo-Sandi jika ingin menggunakan artis sebagai ‘vote getter’ maka harus menghimpun artis yang memiliki kompetensi, imej dan rekam jejak yang positif di mata publik,” jelas Karyono.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *