ALL

Duka Cita Presiden Jokowi dan Kepala BNPB atas Kepergian Sutopo Purwo

By  | 

Sutopo BNPB | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut berduka cita atas meninggalnya Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Jokowi pun mengenang Sutopo sebagai sosok yang mendedikasikan hidupnya untuk orang banyak. Jokowi mengungkap salah satu ucapan almarhum Sutopo yang diingatnya.

“Hidup itu bukan soal panjang-pendeknya usia, tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain,” kata Pak Sutopo, suatu ketika. Dan ia mengamalkan kalimat itu dengan baik,” tulis Jokowi dalam akun Instagram pribadinya, Minggu, (7/7/2019).

“Selamat jalan, Pak Sutopo. Semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberi-Nya kekuatan dan kesabaran.¬†Amin ya rabbal alamin,” lanjutnya

Selain Jokowi, Kepala BNPB, Doni Monardo mengungkapkan rasa duka citanya atas meninggalnya Sutopo.

“Saya dan keluarga besar BNPB sangat berduka atas wafatnya Pak Topo, beliau adalah Pahlawan Kemanusian, yangg tetap melayani publik walaupun dalam keadaan sakit. Dengan semangat kerja dan pengabdian yang luar biasa,” ujar Doni.

Tidak hanya itu, Doni menambahkan, Topo begitu panggilan Almahrum merupakan sosok yang turut membesarkan nama BNPB sejak lembaga tersebut dibentuk tahun 2008 silam.

“Pak Topo juga telah mengharumkan nama Indonesia dalam sejumlah karyanya antara lain penghargaan tertinggi yang diterima Pemerintah RI di Baku Azerbaijan di Bidang Inovasi Kebencanaan melaui Peta Bencana adalah salah satu karya Pak Topo,” jelas Doni.

Doni yang pernah menjabat sebagai Pangdam Siliwangi ini juga berharap agar Almarhum dapat diterima di sisi Allah SWT.

“Diterima semua amal ibadahnya dan diampuni semua dosa-dosany. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.¬†Amin Ya Robbal Aalamin,” tutup Doni.

Diketahui, Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pada hari Minggu (7/7/2019), sekitar pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB.

Kabar meninggalnya Sutopo diterima dari pihak keluarga secara langsung, yakni istrinya, maupun melalui akun Twitter putranya.

Jenazah Sutopo sendiri akan dimakamkan di rumah orangtua almarhum, jalan Jambu RT 007 RW 09, Siswosipuran, Boyolali, Jawa Tengah.

Jenazah Sutopo, Senin 8 Juli besok, rencananya dibawa ke sana untuk disemayamkan sebelum dimakamkan.

Adik ipar Sutopo, Ahmad Jatmiko mengatakan, jenazah Sutopo akan dikuburkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sonolayu yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah orangtuanya.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *