ALL

Demi Kinerja Positif, Jokowi Perlu Pertimbangkan Poempida Hidayatullah Sebagai Menaker

By  | 

Kementerian Ketenagakerjaan | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyarankan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat memberikan kesempatan kepada sosok baru untuk mengisi pos menteri di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

“Bapak Presiden Jokowi sebaiknya dapat mengevaluasi dengan memberikan kesempatan kepada orang baru untuk menjadi menteri Tenaga Kerja (Menaker) agar kinerja kementerian tersebut dapat lebih baik dari sekarang,” ujar Emrus kepada KedaiPena.Com, Sabtu, (24/8/2019).

Emrus mengatakan sosok dari kalangan akademisi hingga kalangan profesional non parpol dapat menjadi pertimbangan Presiden Jokowi untuk memilih Menaker yang baru di kabinet periode kedua ini.

Sosok tersebut, kata Emrus, memang yang paham dan benar-benar menekuni bidang sumber daya manusia (SDM). Biasanya, sosok tersebut terdapat pada diri akademisi di fakultas ekonomi universitas ternama Indonesia.

“Sosok yang kepakarannya di bidang SDM telah diakui, saya kira itu perlu dilakukan terlebih lagi Indonesia lima tahun kedepan kepemipinan Presiden Jokowi mengedepankan program sumber daya manusia,” tegas Emrus.

Yang kedua, lanjut Emrus, sosok tersebut diharapkan berasal dari kalangan profesional yang memang terbiasa mengurusi permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia.

Sosok tersebut, biasanya datang dari LSM ketenagakerjaan dengan latar belakang praktisi.

“Orang-orang profesional menangani di bidang ketenagakerjaan. Biasanya datang dari LSM yang memperjuangkan nasib ketenagakerjaan, memperjuangkan nasib buruh. Sosok ini saya yakni akan lebih produktif ketimbang partai politik,” tegas Emrus.

Lebih dari itu, Emrus juga menyarankan, agar kedepan Menaker yang baru ialah sosok yang memang punya leadership, integritas dan sudah teruji.

“Tidak terintervensi dan memang punya aksesbilitas di ruang publik,” tegas Emrus.

Saat disinggung terkait dengan sosok-sosok yang sesuai dengan kriteria tersebut, Emrus menyebut, nama Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Poempida Hidayatullah layak dikedepankan.

“Sebagai pengawas di BPJS Ketenagakerjaan dan mempunyai background sebagai Anggota Komisi IX DPR RI yang memang fokus di ketenagakerjaan. Sudah pasti dia mempunyai pengalaman dan wawasan di bidang ketenagakerjaan ini,” imbuh Emrus.

“Saya yakin ketika diberikan jabatan puncak seperti Menaker dia bisa menujukan kemampuan Dan kepiawaiannya tersebut,” sambung Emrus.

Tidak hanya itu, Emrus menilai, Poempida juga merupakan tokoh muda yang dapat mewakili representative kalangan muda atau milenial yang memang dinginkan oleh Presiden Jokowi untuk mengisi pos kabinetnya di periode kedua ini.

“Dia juga tokoh muda sangat wajar beliau dipertimbangkan oleh Presiden untuk menjadi kandidat Menteri Tenaga Kerja,” pungkas Emrus.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *