ALL

Debat Calon Bupati Tapteng, Amin Salah Ucap Urutan Sila Pancasila

By  | 

KedaiPena.Com – Ada yang menarik saat debat calon bupati Tapteng yang dihelat di gedung GOR Pandan, Senin (23/1) malam. Yakni, pada sesi ke 6, saat calon Bupati nomor urut 2 Rantinus Manalu diberikan kesempatan bertanya kepada 3 calon bupati lainnya.

Terkhusus saat pertanyaan ditujukan kepada calon bupati nomor urut 1 Amin Pardomuan Napitupulu, yakni soal permintaan untuk menyebutkan 5 sila Pancasila.

“Silahkan bapak sebutkan isi dari pancasila, sebagai dasar negara indonesia,” ujar Rantinus kepada Amin.

Amin yang mengenakan pakaian khas pasangannya bermotif Garoga itu awalnya terdengar lancar menyebutkan sila Pertama hingga sila ke Empat. Namun sayangnya, pada sila ke Lima, calon Bupati bertubuh besar tersebut terdengar salah menyebutkannya.

“Persatuan Indonesia,” sebut Amin.

Kesalahan tersebut pun disambut teriakan dan tawa dari para pendukung beberapa calon.

Sementara itu, Rantinus juga langsung menjelaskan dan menyebutkan jawaban yang benar dan berurut ke lima isi sila Pancasila tersebut.

“Setau saya sila kelima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia,” ucap Rantinus.

Menyadari kesalahan penyebutan itu, Amin terdiam sejenak sembari menunggu suasana kembali tenang. Setelah mendapatkan kesempatan dari moderator Hamdani Harapan, ia pun mengulangi penyebutan Pancasila, dan akhirnya berhasil menyebutkan Pancasila dengan sempurna.

“Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” ucap Amin mengakhiri penyebutan Pancasila itu sembari tersenyum.

Laporan: Har

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *