ALL

Danau Ranu Pane Dikeruk, Kedalamannya Bakal Jadi 12 Meter

By  | 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di Ranupani| Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendorong agar BUMN dapat meningkatkan kepedulian bagi masyarakat melalui program-program pemberdayaan lingkungan dan ekonomi masyarakat.

Rini menyampaikan hal tersebut saat mengunjungi masyarakat Desa Ranupani, Kabupaten Lumajang yang mendapatkan bantuan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) hasil sinergi PT BRI dan PNM pada Rabu, (11/9/2019).

Bank BRI sendiri kembali menyalurkan CSR BRI Peduli lingkungan dan sarana umum kepada masyarakat di sekitar danau. Penyaluran bantuan tersebut berupa revitalisasi Danau Ranu Pane berupa pengerukan tanah atau pelebaran danau yang menyempit karena sedimentasi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno | Foto: Istimewa

“Harapannya ini nanti dapat memperbaiki kondisi alam gunung Semeru dan danau Ranu Pane itu sendiri,” ujar Rini dalam keterangan yang diterima oleh KedaiPena.Com.

Rini juga berharap agar kegiatan ini dapat mendorong peningkatan aktivitas kunjungan wisatawan yang dapat meningkatkan produktivitas perekonomian masyarakat sekitar.

“Semoga kita bisa menjaga bersama-sama,” ungkap Menteri Rini.

Menteri Rini sendiri juga ikut melakukan penanaman lima ribu bibit pohon Cemara Gunung di sekitar hutan lindung gunung Semeru dan merevitalisasi shelter yang digunakan oleh para pendaki.

Kegiatan pelebaran danau yang menyempit karena sedimentasi ini dilaksanakan dengan menggunakan alat berat dan kerja bakti dari warga.

Selain itu dilakukan penghijauan berupa penanaman bibit pohon di sekitar area Ranu Pane, di mana BRI bekerjasama dengan Perhutani/Balai Lingkungan Hidup/Instansi Lingkungan Hidup setempat untuk penyediaan bibit pohon.

Serta pembangunan rest area yang akan digunakan sebagai tempat istirahat para pendaki sebelum memulai pendakian Gunung Semeru.

Infrastruktur yang akan dibuat antara lain pembangunan pintu gerbang, pembangunan area parkir kendaraan bermotor, mini landscape, lapangan olahraga, MCK, kios UMKM, gazebo, dan, lain- lain.

Adapun pengerukan terhadap Danau Ranu Pane akan dilakukan secara bertahap untuk mengembalikan kedalaman danau ke kondisi semula, yakni sekitar 12 meter. Pengerukan juga akan menciptakan mata air baru di sekitar lingkar bibir danau yang nantinya juga akan menunjang ekologi di sekitar danau.

“Harapannya ini nanti dapat memperbaiki kondisi alam gunung Semeru dan danau Ranu Pane, serta dapat mendorong peningkatan aktivitas kunjungan wisatawan yang dapat meningkatkan produktivitas perekonomian masyarakat sekitar. Semoga kita bisa menjaga bersama-sama,” ungkap Menteri Rini.

Laporan: Muhammad Lutfi 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *