ALL

Ciye, Gerindra Mau Balikan Sama PDIP

By  | 

KedaiPena.Com – Gerindra berharap kembali berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017, sebagaimana pengalaman empat tahun lalu.

Demikian disampaikan Ketua DPD Gerindra DKI, Mohamad Taufik, saat bertandang ke Sekretariat DPD PDI-P DKI, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (26/5).

“Dulu, dari sini lah berangkat kemenangan (Pilkada DKI 2012) itu. Secara politik, bisa diulang pengalaman itu,” ujarnya.

Untuk diketahui, PDI-P dan Gerindra berkoalisi dengan mengusung Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok) pada Pilkada DKI 2012. Bahkan, berhasil mengungguli petahana, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara) yang dijagokan Demokrat.

Apalagi, imbuh Taufik, Gerindra dan PDI-P memiliki persamaan prinsip dalam menghadapai kontestasi politik lima tahunan tersebut. Pertama, memperkuat posisi partai sebagai sarana rekrutmen.

“Kedua, mencari pemimpin pro rakyat dan beradab. Beradab itu artinya, memberikan penghargaan terhadap rakyat,” jelas wakil ketua DPRD DKI ini.

Pada kesempatan sama, Ketua Pelaksana Tugas (Plt) DPD PDI-P DKI, Bambang DH, menjawab diplomatis mengenai keinginan Gerindra tersebut. Pasalnya, keputusan itu berada di tangan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri.

“Begitu juga Pak Taufik, keputusan itu di pucuk pimpinan kami masing-masing,” jelas eks walikota Surabaya ini.

Kendati demikian, Bambang menerangkan, bahwasanya intensitas koalisi PDI-P dengan Gerindra pada pilkada serentak tahun lalu cukup tinggi. Bahkan, 36 diantaranya membuahkan hasil manis.

“Dalam pilkada 2015, kita menang di 36 daerah pemilihan yang koalisi dengan Gerindra,” pungkasnya.

(Fat/Prw)