ALL

Cerita Lanud Atang Sanjaya Jadi ‘Home Base’ Paramotor Indonesia

By  | 

Penggiat Paramotor Indonesia Berlatih di Lanud Atang Sanjaya Bogor | Foto: Dok Kedai Pena

KedaiPena.Com – Lapangan Udara (Lanud) Atang Sanjaya yang terletak di Bogor, Jawa Barat merupakan markas dari Paramotor Indonesia. Para penggiat paramotor rutin berlatih setiap Sabtu dan Minggu.

Ketua Paramotor Indonesia Cahyo Alkantana menceritakan awal mula lanud milik TNI AU ini menjadi ‘home base’ Paramotor Indonesia.

“Paramotor termasuk bagian dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), maka diterima di lanud-lanud manapun, karena Danlanud juga bertugas membimbing FASI yang diketuai oleh KASAU,” kata Cahyo di sela acara buka puasa bersama di lanud tersebut, Sabtu (18/5/2019).

“Danlanud yang sekarang, Marsekal Pertama Erwin juga mendukung sekali,” sambungnya.

Namun, setelah melewati berbagai pertimbangan, akhirnya terpilihlah Lanud Atang Sanjaya. Dan secara resmi menjadi markas Paramotor Indonesia sejak empat tahun lalu.

“Yang menjadi kelebihan lanud ini karena ada jeda Sabtu-Minggu. Sementara tidak semua lanud ada kesempatan jeda (aktivitas),” kata Cahyo lagi.

“Kenapa bisa libur? Karena ini ‘base’ heli, jadi Sabtu-Minggu ‘off’. Kelebihan lainnya, lanud ini ideal sekali, luas, angin tidak terlalu kencang, lalu pakai rumput (sehingga aman digunakan),” ujarnya.

Kelebihan itu yang juga membuat bidang dirgantara lain tertarik menggunakan lanud ini.

“Terbang layang yang sebelumnya di Kali Jati, dengar ada ‘base’ kosong, mereka tertarik untuk datang. Lalu juga terjun payung,” tandas dia.

Laporan: Muhammad Lutfi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *