ALL

Cara Ini yang Dipakai Jokowi untuk  Berdiplomasi dengan Dunia Internasional

By  | 

Joko Widodo | Foto: Muhammad Hafidh

KedaiPena.Com – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengungkapkan teknik diplomasi yang ia gunakan dalam menjaga hubungan Indonesia di mata dunia internasional. 

Jokowi mengatakan bahwa diplomasi yang ia pakai adalah dengan mengungkapkan kondisi Indonesia. Salah satu yang selalu ia tekankan adalah jumlah penduduk muslim yang dimiliki oleh Indonesia. 

“Di dalam forum-forum internasional selalu saya sampaikan di awal bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia karena banyak negara lain yang belum tahu mungkin posisi kita seperti itu diplomasi,” ujar Jokowi. 

Dengan penjelasan tersebut, lanjut Jokowi, Indonesia saat ini diberikan kepercayaan untuk menyelesaikan banyak hal yang berkaitan dengan konflik dan perang yang ada di negara-negara lain. 

“Berikan contoh misalnya kita diminta oleh untuk menengahi proses-proses isi dari dasar menuju ke rahim kembali kemudian juga di Afghanistan kita juga diberikan kepercayaan untuk ikut merukunkan dan mendamaikan dari faksi-faksi yang berkonflik di sana,” tutur Jokowi. 

Tidak hanya itu, kata Jokowi, penjelasan soal banyaknya jumlah penduduk muslim Indonesia turut berimbas kepada kerja sama ekonomi dengan dunia internasional. 

“Kita menawarkan produk-produk dalam perdagangan dengan luar negeri ekspor.  Hal ini juga menjadi sebuah kekuatan besar, potensi-potensi  yang ada di negara kita produk-produk yang memiliki kualitas yang baik yang masuk ke negara yang memiliki penduduk Indonesia salah satu yang menjadi kekuatan dan demokrasi,” tegas Jokowi. 

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *