ALL

Biem Benjamin Soroti Netralitas Media yang Berafiliasi dengan Kepentingan Politik

By  | 

Biem Benjamin | Foto: Dok KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – Anggota Komisi I DPR RI Biem Benjamin menyoroti netralitas media yang berafiliasi dengan politik kekuasaan saat ini. Biem begitu ia disapa mengaku prihatin dengan hal tersebut.

Demikian disampaikan oleh putra dari budayawan Benyamin Sueb ini dalam forum bertajuk ‘Memilih Siaran yang Berkualitas’. Forum ini sendiri diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bersama Komisi I DPR RI.

“Karena itu telah menghilangkan obyektifitas pemberitaan kepada masyarakat,” ujar Biem ditulis Sabtu (27/10/2018).

Biem mengungkapkan, bahwa media yang berwawasan politik nasional seharusnya akan sangat proaktif menyikapi serangan pengaruh asing terhadap kedaulatan negara.

“Media yang tidak sehat berdampak pada penurunan kualitas sehingga peran media dalam hal edukasi semakin berkurang,” imbuh Biem.

Kondisi tersebut, lanjut Biem, diperburuk dengan masih berjalan ditempatnya undang-undang Penyiaran yang belum bisa menghasilkan regulasi sebagai payung hukum yang makin kalah dengan percepatan teknologi.

“Padahal memilih media penyiaran yang berkualitas sangat ditentukan oleh keberadaan lembaga penyiaran yang dalam 10 tahun terakhir mengalami penurunan pendapatan,” tegas Biem.

“Peran KPI dan KPID sangat strategis untuk memantau tayangan yang sehat, dengan mendorong seluruh media penyiaran untuk melakukan ‘cover both side’ guna mendapatkan pemberitaan yang seimbang,” tegas Biem.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *