ALL

Anies Sudah Dipegang JK Soal Reklamasi, NSEAS: Hanya Kekuatan Rakyat yang Bisa Melawan

By  | 
JK | Foto: Istimewa

JK | Foto: Istimewa

KedaiPena.Com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan bahwa pemerintah akan melanjutkan kembali proyek reklamasi Teluk Jakarta. Meskipun, kelanjutan proyek itu hanya untuk menyelesaikan pulau buatan yang telanjur dibangun, yakni pulau C dan D.

Hal itu diungkapkan Wakil Presiden JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, beberapa waktu lalu. JK juga mengatakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno telah menyetujui hal tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Peneliti senior dari Network for South East Asian Studies (NSEAS) Muchtar Effendi Harahap mengakui, pihak yang memang mampu mempengaruhi Anies dalam pengambilan keputusan soal reklamasi hanyalah JK.

“JK adalah patron Anies dalam politik kekuasaan. Anies sangat tidak mungkin menolak kemauan JK,” ujar Muchtar dalam perbincangan dengan KedaiPena.Com, Jumat (3/11).

Muchtar melanjutkan, jika JK sudah memutuskan pulau palsu dalam konstruksi harus diteruskan. Maka, dapat dipastikan Anies tidak mungkin menolak.

“Lalu, apa solusinya? Rakyat harus ambil alih masalah ini dan lakukan referendum. Penentu bukan lagi Pemerintah Pusat dan Daerah, tetapi rakyat DKI pemilik kedaulatan di Jakarta,” tandas Muchtar.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *