ALL

Aksi Bebersih Ciliwung, Menteri Siti Nurbaya Acungi Jempol Komunitas

By  | 

Aksi Bebersih Ciliwung 2019 | Foto: Dok KedaiPena.Com

KedaiPena.Com – Sebagai upaya perlindungan dan pengelolaan DAS Ciliwung, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama berbagai pihak mengadakan kegiatan #BebersihCiliwung.

Kegiatan dilakukan mulai dari hulu hingga hilir secara serentak dengan jumlah peserta lebih dari 8.000 orang, Minggu (23/6/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di 33 kecamatan dengan lokasi Bebersih Sampah di 36 lokasi ini bertujuan untuk mewujudkan sungai Ciliwung yang bersih, indah, dan lestari. Sehingga nantinya dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar sungai Ciliwung.

Dalam sambutannya, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar memberikan apresiasinya kepada seluruh komunitas yang telah memberikan sumbangsih terhadap perbaikan kualitas sungai Ciliwung ini.

Bocah-bocah bermain di Kali Ciliwung | Foto: Dok KedaiPena.Com

“Dengan melihat modal sosial yang dimiliki komunitas Ciliwung ini, saya yakin pola-pola restorasi tersebut dapat direplikasi dengan cepat. Apalagi perhatian dari dunia usaha terhadap upaya pemulihan kualitas sungai sudah mulai meningkat,” ujar dia di Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Siti, juga berharap kegiatan ini dapat ditindaklanjuti untuk mentransformasi mimpi menjadi aksi nyata kreatif yang mengintegrasikan upaya perlindungan lingkungan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Saya berharap, champion-champion pengelolaan sungai berbasis masyarakat yang lahir dari tempaan Sungai Ciliwung ini akan menjadi virus kebaikan untuk perbaikan kualitas sungai di seluruh Indonesia,” tegas dia.

Aksi bersih Sungai Ciliwung yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 ini, berhasil mendapatkan Rekor Nasional MURI dari aspek jumlah komunitas yang terlibat dan panjang sungai yang dibersihkan.

Laporan: Muhammad Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *